Positioning Mercedes Benz Sebagai Mobil Mewah Terbaik Indonesia

By | 14:28 5 comments

Sudah pasti banyak orang yang memiliki impian ingin memiliki mobil pribadi, terlepas dari orang-orang yang menjalani kehidupan sufi. Di Indonesia, untuk produk kendaraan kendaraan roda empat, memang tersedia banyak merek dan banyak pula pilihan. Namun, apabila kita ditanya tentang apa merek mobil mewah?pasti sebuah brand mobil terkenal yang akan kita sebutkan adalah “Mercedes Benz”. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena strategi positioning merek/ brand yang telah dilakuan oleh perusahaan tersebut.

Menurut Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”. Dapat diartikan mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Lengkapnya Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Jadi, jika dikaitan dengan kasus brand Mercedes benz, perusahaan tersebut telah berhasil mempositioningkan brandnya sebagai produk mobil dengan penempatan posisi dibenak konsumen sebagai mobil mewah/luxury.

Beberapa hal yang dijadikan strategi dalam mempositioningkan brand Mercedes benz adalah dengan cara memberikan kualitas dan harga yang premium, selain itu strategi pemasarannya juga dengan mensponsori turnamen golf, dimana golf merupakan olahraga kalangan kelas atas. Menurut artikel dari kompas.com “Mercedes-Benz berhasil meningkatkan penjualan di seluruh wilayah sepanjang September 2010 dengan pertumbuhan luar biasa, seperti dicapai di Asia-Pasifik dan BRIC (Brasil, Rusia, India dan China). Pengiriman Mercedes-Benz ke China (termasuk Hong Kong) meroket dua kali lipat dibandingkan tahun lalu (13.500 unit, naik 98 persen) yang merupakan rekor baru. Mercedes benz terus menjadi merek premium dengan pertumbuhan tercepat di China," kata Joachim. "Pada bulan September, Mercedes benz sudah melampaui target awal penjualan tahun 2010 lebih dari 100.000 mobil penumpang. Ini terjadi berkat tingginya permintaan, dan mercedez benz telah meningkatkan target menjadi 120.000 unit."

Untuk Strategi pemasaran di Indonesia sendiri, kini Mercedes benz mempositioningkan brandnya :” Mercedes Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia”. Merek Mercedes benz secara konsisten telah dikenal mewah, harga premium, teknologi yang mutakhir dan kualitas unggul. Namun, dalam membedakan dirinya dari merek lain terkenal yang ada di Indonesia Mercedes lebih memfokuskan pada kualitas dan premium – tidak sekedar dari keunggulan teknologi saja. Dalam hal postioning sebagai mobil mewah terbaik di Indonesia ini, pastinya strategi positionng ini akan berhasil, namun jika hanya strategi positioning saja yang diterapkan apakah dapat mendongkrak penjualan juga?


Newer Post Older Post Home

5 comments:

  1. hi, we will add your link in my webblog http://indo-mobil.blogspot.com/2011/04/chevrolet-volt.html
    success for your seo contest

    ReplyDelete
  2. yoi mas arjuna makasih banyak nih udah boleh numpang ngelink, trims

    ReplyDelete
  3. Ane sundul Gan, SeMoga sukses kontesnya.
    Kalo Butuh BACKLINK Hubungi aja ane

    250 Natural Backlink dari 50 situs
    http://wakakak.net/jasa-backlink-murah.html

    ReplyDelete
  4. Mercedes-Benz selain keren, pemakainya bisa disebut sebagai kalangan berduit sehingga meningkatkan status sosial pemiliknya. Tapi sayang, harganya masih terlampau mahal untuk ukuran blogger. Semoga di produksi mobil khusus dengan harga terjangkau ^_^

    ReplyDelete
  5. oia salam kenal... kalao gak keberatan ditunggu kunjungan balik dan komentarnya yaks.

    visit: www.ingateros.com/benz

    ReplyDelete