Tolong tanggapan tentang Aktivitas Rp. 25.000 di samsat Ciledug ini

By | 10:24 1 comment

Bulan yang lalu saya ingin membayar pajak kendaraan bermotor saya. Waktu tepatnya saya lupa, namun seingat saya seminggu setelah lebaran idul fitri. Karena motor saya Honda supra fit x 2010 dan masih kredit di lembaga keuangan adira jadi BPKB belum ada di tangan saya.

Karena itu sebelum saya membayar pajak saya ke tempat adira di serpong untuk meminta surat pengantar/keterangan bahwa BPKB ada di adira di surat itu ada surat keterangan dan scan foto BPKB. Setelah itu langsung cabut ke samsat ciledug.

Setelah mulai antri untuk membayar pajak di loket untuk verifikasi berkas saya di minta untuk keruang khusus terlebih dahulu karena katanya ada berkas yang kurang komplit. Yaitu BPKB yang tidak ada, padahalkan udah ada surat pengantar.

Stelah tiba di ruangan khusus yang ruangannya agak kecil seperti kantor administrasi namun bukan loket tempat [embayaran resmi. Saya diminta membayar uang sebesar Rp. 25.000 agar di ACC alias agar berkas di tanda tangani supaya bisa untuk membayar pajak, namun saya tidak mengerti kenapa bisa saya dibegitukan.

Saya : pak saya tidak ada BPKB tetapi ada surat pengantar dari pihak leasing?

Petugas : ya tetep harus bayar Rp. 25.000

Saya : lho kalo begitu ngapain saya harus ke tempat leasing minta keterangan?

Petugas : yaudah berkas lain gak ada masalah ni, tp gak ada BPKB bayar Rp. 25.000

Di ruangan itu memang banyak orang yang ikut ngantri agar berkasnya di setujui dengan membanayar uang Rp. 25.000.

Sebagai warga yang ingin membayar pajak saya merasa menyesal saya ingin bertindak mengikuti prosedur tanpa ada kesalahan, tapi diruangan itu banyak memang orang yang berkasnya tidak sesuai dan semua beres dengan membayar Rp. 25.000 nah saya merasa saya disamakan dengan orang – orang yang memang berkasnya tidak sesuai / kurang lengakap.

Saya tidak tahu kegiatan yang ada di kantor samsat ciledug itu legal atau tidak/resmi atau tidak untuk pemungutan uang Rp. 25. 000 kalau tidak berarti Negara telah dirugikan karena uangnya akan masuk ke kantong – kantong pribadi saja..



Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. wah gimana ini kok sampe kemarin saya bayar p[ajak masih dikenain spt ini?

    ReplyDelete