Search Engine Optimization (SEO) Adalah

By | 01:09 Leave a Comment

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet(Wikipedia, 2011).

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah sistem database yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat di internet. Untuk melaksanakan tugas ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider. Pada saat sebuah alamat website (URL) di daftarkan, spider dan search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah website yang di daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Ranking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing- masing. Jika tidak layak, terpaksa pemilik website harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Semua search engine pasti memiliki program yang disebut spider. Program inilah yang akan menentukan posisi sebuah web site pada hasil pencarian di sebuah search engine. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altalavista, google, yahoo, bing, dan masih banyak lagi.

Perusahaan Riset kelas dunia (Forrester Research) yang cukup bergengsi mengeluarkan. Fakta yang sangat perlu untuk Anda cermati yaitu:

93% orang menggunakan search engine untuk mencari informasi

Hasil survey langsung kepada pengguna search engine, ternyata:

”87% pengunjung website datang dari halaman 1

Artinya jika website Anda tidak muncul di halaman 1 di search engine untuk keyword produk yang Anda jual, maka Anda kehilangan 87% calon prospek yang potensial, dan mereka tidak akan pernah melihat produk Anda walaupun produk tersebut sangat mereka butuhkan.

“75% pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman 4”

Artinya jika website Anda tidak muncul di 4 halaman awal dari search engine, maka Anda kehilangan 96.75% calon prospek yang masih potensial.

Intinya SEO (search engine optimization) adalah bagaimana mengoptimalisasi halaman website anda sehingga bisa sampai ke halaman utama dari hasil pencarian pada mesin pencari dengan Kata kunci (keyword) tertentu. Seo menjadi sangat penting bila kita bergerak pada pemasaran atau sekedar penjualan online.


Newer Post Older Post Home

0 comments: