Memahami Pemasaran

By | 00:07 Leave a Comment

"Pemasaran itu terlalu penting untuk diserahkan seluruhnya kepada departemen pemasaran".david packard

Pemasaran untuk saat ini memang masih sering disalah artikan. Kebanyakan orang masih menyamakan pemasaran dengan bagian penjualan di sebuah perusahaan. Untuk merubah paradigma tersebut, saya ingin membagikan sebuah pemahaman gambaran tentang pemasaran.

Pemasaran ada dii mana-mana, sadari ataupun tidak kita sadari mulai dari pakaian yang kita pakai, situs web yang kita klik, sampai iklan-iklan yang kita perhatikan dimana-mana.

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi seorang pemasar, atau bagi seseorang yang ingin belajar ilmu pemasaran bahwa pemasaran yang baik itu bukan kebetulan, melainkan hasil dari eksekusi dan perencanaan yang cermat.

Praktik pemasran terus ditingkatkan dan diperbaharui disetiap bidang usaha untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dan memepertahankan keberlangsungan perusahaan.

Akan tetapi, keunggulan pemasaran itu jarang dan sulit untuk dicapai. Pemasaran itu adalah “seni” sekaligus “ilmu” ada chemistry yang mendalam antara sisi pemasaran dengan sisi kreatif.

Pemahaman mengenai pemasaran yang harus dipahami adalah kelangsungan hidup perusahaan, serta pengembangan perusahaan dengan melakukan aktivitas memahami dan memenuhi segala kebutuhan pelanggan.

Ketika para tenaga penjual berhenti berfikir saat sudah terjadi transaksi penjualan, para pemasar akan terus berfikir apa pelanggan telah terpuaskan?apa yang masih kurang dari produk tersebut? Apa keinginan dan kebutuhan lain dari pelanggan yang dapat dipenuhi perusahaan?.

Itulah sekelumit gambaran mengenai aktivitas pemasaran. Mudah-mudahan dari sedikit penjelasan tersebut kita sama-sama dapat memahami pemasaran dan dapat membedakannya.
Newer Post Older Post Home

0 comments: