PENGARUH PERSONALITY NEEDS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

By | 00:52 Leave a Comment
PENGARUH PERSONALITY NEEDS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Dalam teori disebutkan ada lima belas teori mendasar yang dimiliki seseorang, agar dapat dipenuhi rasa kepuasannya. Antara lain : Achievement, deference, order, exhibition, autonomy, affiliation, intraception, succorance, dominance, abasement, nurturance, change, endurance, heterosexual, aggression.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh personality needs terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian kuantitatif dengan analisis regresi melibatkan 118 sampel mahasiswa smester VII fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil adaptasi dari alat ukur SERVQUAL yang telah disesuaikan untuk penelitian terhadap operator selualar. Kemudian untuk alat ukur personality needs digunakan Edwards personal preference schedule yang telah biasa dikalangan psikologi untuk mengetahui needs seseorang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa personality needs berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penjabarannya ditemukan hanya satu needs yang signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu aggression. Hal ini berarti semakin tinggi aggression seseorang, maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggannya.

Saran untuk penelitian selanjutnya :

· Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya dapat menggunakan alat ukur personality needs yang lebih tepat dalam konteks pemasaran. Alat ukur dalam penelitian ini adalah EPPS, Umar (2010) menyatakan bahwa EPPS ini digunakana sebagai alat ukur seleksi.

· Dalam penelitian selanjutnya lebih baik mengambil jumlah sampel dengan kuantitas yang lebih banyak, agar menghasilkan hasil yang lebih significant jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah populasi yang ada.

· Gunakan teori-teori kepuasan pelanggan yang berbeda, sehingga akan menambah khazanah ilmu pengetahuan bagi khalayak pembaca.

Skripsi Dengan Judul :

PENGARUH PERSONALITY NEEDS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Disusun Oleh :

PUTUT ADi PRASETYO

Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

1432 H / 2011 M

Apabila teman-teman pembaca ingin memahami lebih dalam tentang pembahasan skripsi ini, silahkan datang langsung ke Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Karena saya hanya mengutip/menulis abstrak, kesimpulan, dan saran bagi penelitian selanjutnya saja. Silahkan main ke UIN, and jangan lupa mampir ke student center ya..!! pusat kegiatan mahassiswanya.

Newer Post Older Post Home

0 comments: