PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CUSTOMER ONLINE MARKETING

By | 00:36 Leave a Comment

Salah satu tingkat kepuasan pelanggan ditentukan oleh tipe kepribadian pelanggan pula, karena secara teoritis kepribadian sebagai karakteristik individual memang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tipe kepribadian yang akan diteliti pada penelitian ini adalah tipe kepribadian Big Five yang terdiri dari extraversion, agreeableness. Conscientiousness, neuoriticism, dan openness.

Penelitian kuantitatif ini dengan analisis regresi melibatkan 173 pada orang-orang yang memenuhi criteria (pernah belanja secara online). Dengan menggunakan alat ukur SERVQUAL yang telah disesuaikan untuk penelitian ini. Kemuadian alat ukur tipe kepribadian Big Five yang diguakan adalah International Personality item Pool Neo (IPIP-NEO).

Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe kepribadian Big Five tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian ini saya si pemilik blog merasa bertrima kasih kepada si penulis skripsi yang mengangkat topik ini, karena pastinya para pemasar onlinepun mempertanyakan hal ini, apakah tipe kepribaian sesorang dapat membadakan tingkat kepuasan dalam berbelanja online, dari hasil penelitian ini menunjukan hasil yang tidak signifikan. Namun dalam penelitian selanjutnya diharapkan :

· Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya menggunakan alat ukur yang jumlah itemnya lebih banyak dan komprehensif, sehingga jika harus ada item yang dihilangkan karena tidak valid, item yang tersisa jumlahnya masih cukup memadai untuk dianalisis dan mewakili indikator-indikator yang diukur.

· Pada penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel yang lebih sesuai dan memiliki hubungan positif terhadap kepuasan konsumen, misalnya motivasi membeli. Selain itu diharapkan pula menambah variabel kategorik agar lebih luas gambaran penelitainnya, seperti tingkat pendidikan dan status sosial.

Skripsi ini berjudul :

PENGARUH TIPE KEPRINADIAN BIG FIVE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CUSTOMER ONLINE MARKETING

Disusun oleh :

Rudhi Lastianto

Fakulta Psikologi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta

Untuk memahami penjelasan tentang isi konten skripsi ini silahakan mengunjungi perpustakaan utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mampir juga ke Gedung Studend center ya..hehe
Newer Post Older Post Home

0 comments: