Typhographic Potrait - Seni Penyampaian Dalam Desain Bahasa Verbal

By | 05:25 4 comments

Banyak saat ini di majalah, iklan televisi, banner website, billboard, dan iklan outdoor lain yang menampilkan sebuah gambar-gambar dengan model ‘Typhographic Potrait’ atau sederhanya gambar-gambar seni desain grafis yang menyatukan kata dan kalimat, hingga menjadi sebuah foto atau gambar yang unik.

Potrait, artinya potret, gambar atau lukisan. Sedangkan typhographic atau tipografi dlam bahasa Indonesia adalah ilmu yang mempelajari seni dan desain huruf (termasuk symbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran dan sifatnya sehingga pesan yang ingin disampaikan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Secara modern tipografi berkaitan dengan penataan huruf pada media elektronik, baik dari segi tampilan maupun outputnya ke berbagai media cetak. Sedangkan secara tradisional, tipografi berkaitan dengan penataan huruf melalui media manual berupa lempeng baja yang timbul atau karet (stempel) yang timbul yang berkenaan dengan tinta dan akan dituangkan ke permukaan kertas.



Tipografi memegang peranan penting dalam segala hal yang berkenaan dengan penyampaian bahasa nonverbal (menggunakan tulisan) dalam segala bentuk publikasi, karena kita harus tahu berapa ukuran tulisan yang akan kita gunakan, efek dari bentuk yang akan kita tampilkan sehingga muatan emosi dan sifat dari pesan yang muncul sesuai dengan tujuan komunikasi yang ingin kita sampaikan kepada public.
Contohnya, dalam bahasa verbal, kita tidak mungkin/tidak dapat berteriak dengan hentakan, karena memang yang digunakan adalah bahasa tulisan. Nah, untuk itu kita harus belajar tipografi agar dapat menyalurkan perasaan kita, atau apa yang ingin kita komunikasikan ke dalam sebuah desain huruf.



Newer Post Older Post Home

4 comments:

  1. wuiiih blog desain periklanan. baru tahu neh. dibukmark ah. keren mas. salam kenal dari lombok

    ReplyDelete
  2. @rusdi hikmawan, salam kenal juga mas bro

    ReplyDelete
  3. wow kereeennn, terima kasih sudah berbagi ilmunya mas

    ReplyDelete
  4. wah,,,,,,keren mas,,,,

    follow me ya mas,,,,
    lam kenal

    ReplyDelete