Pendalaman Segmentasi

By | 01:24 4 comments
"Segmentasi adalah sebuah metode bagaimana melihat pasar secara kreatif. Artinya, anda perlu melihat segmentasi sebagai seni mengidentifikasi dan memanfaatkan beragam peluang yang muncul di pasar. Jangan hanya melihat pasar secara sederhana". Begitulah kata Pak Hermawan Kartajaya Dalam buku Seri Nine Core Element of marketing (on Segmentasi). Kata-kata tersebut menanggapi fenomena-fenomena tentang aktivitas salah pasar sasaran. Kondisi salah dalam menentukan pasar ini dapat berimbas keberuntungan maupun kesialan. Seperti yang terjadi pada rokok Marlboro yang beruntung karena rokoknya susker diposisikan menjadi rokok lelaki yang macho, padahal sebenarnya rokok ini pada mulanya untuk segmentasi wanita.

Hal tersebut terjadi karna memang pasar itu selalu misterius, lihat produk motor matik yamaha yang melakukan strategi pemasaran edukasi untuk para wanita agar menggunakan motor mio tersebut, strategi tiu berhasi malahan berdampak keberuntunan, karena Yamaha mio juga ternyata malah diminati pria-pria yang ingin berkendara dengan simple.

Dengan melakukan segmentasi kita dapat melihat potensi pasar kita, melihat kekuatan pesaing kita, bahkan nantinya dengan keunggulan kompetitif yang dimiliki, perusahaan dengan produknya dapat mendominasi pasar yang disasar.

Namun, yang perlu benar-benar diperhatikan segmentasi ini adalah bagaimana cara kita memandang pasar, tidak hanya sekedar membagi-bagi dan memetakan pasar berdasarkan pemikiran kita saja. Misalnya Jika kita ingin menargetkan pasar untuk wilayah tangerang, dan produk kita unutk anak-anak, kita perlu menggali informasi yang lebih mendalam dengan pendekatan segmentasi secara secara keseluruhan. Jika segmentasi kita hanya berhenti pada segmen wilayah tangerang dan produknya menyasar ke pasar anak-anak, ini baru sampai pendefinisian pasar saja.

Semakin jelas pendifinisian pasar, semakin tajam segmentasi pasar yang kita lakukan nantinya. Segmentasi yang lengkap sangat diperlukan pada pasar yang memiliki persaingan yang sangat ketat agar produk kita dapat menyasar pasar yang jelas dan dapat memenangkan persaingan.

Untuk pasar yang sangat ketat persaingannya kita mesti menggunakan semua alat segmentasi kita, sari mulai georrafi, demografi, psikografis, dan behavior. Untuk 2012 ini dimana pasar dapat disentuh secara langsung perindividu hanya dengan memencet tombol, kita harus memandang pasar sebagai kumpulan tiap-tiap pribadi yang unik.

Mempelajari pola segmentasi yang berbeda dengan pesaing memungkinkan kita melihat medan perang secara berbeda. Karena itu Hermawan kartajaya mengatakan "View Your Market Creatively".

Referensi :
Hermawan Kartajaya On Segmentation

Newer Post Older Post Home

4 comments:

  1. semakin jelas pasar yang dituju maka kegiatan pemasaran akan semakin efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  2. =Betul, betul, betul.. apalagi dalam kondisi dunia masih bulat tapi pasar sudah datar seperti sekarang ini. Strategi segmentasi harus lebih canggih lagi.. malah klo di seri new wave marketing pa' hermawan segmrntasi dalam era new wave di modifikasi menjadi comunitization alias komunitas-komunitas.

    ReplyDelete
  3. Lihat artikel ini saya langsung teringat akan laporan KKP saya waktu kuliah dulu, membahas tentang STP asparagus. Di skripsi saya juga ada sedikit mengenai STP. Karena saya suka sekali menganalisis STP hehehe.
    Salam kenal ya Eko :)

    ReplyDelete
  4. iya... salam kenal juga bang nasri.. :D :D :D

    ReplyDelete