Definisi Pemasaran Terus Berubah

By | 13:45 4 comments
Definisi Pemasaran Terus Berubah seiring dengan perkembangan zaman. Menurut American Marketing Association dalam Kotler dan Keller (2009:45) bahwa Marketing is an organization function and a set processes for creating, communicating, and delivering value to customers and for managing customer relationship in ways that benefit the organization and it stakeholders.”

Sedangkan, Definisi dari organisasi yang sama American Marketing Association di tahun yang berbeda dalam Kotler dan Keller (2012:5), definisi tersebut sedikit berubah menjadi “Marketing is the activ-ity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large. ”

Dari yang tadinya pemasaran merupakan sebuah fungsi dari organisasi menjadi sebuah aktivitas dari keseluruhan institusi. Artinya sebelumnya pemasaran memang hanya difungsikan bagi departemen pemasaran saja. Namun, pada saat ini pemasaran ruh-nya wajib di jalankan dan dijiwai oleh seluruh fungsi organisasi.

Dalam hal ini bukan berarti bagian atau departemen lain dalam organisasi saklek harus melaksanakan fungsi pemasaran sebagaimana yang dilaksanankan oleh departemen pemasaran. Tetapi, semua departemen harus menjiwai pemasaran hingga dapat meresapi visi misi perusahaan hingga dapat tersampaikan dengan jelas nilai-nilainya hingga ke pelanggan.

Departemen keuangan tidak lagi hanya menyulap laporan keuangan supaya terlihat bagus dimata para pihak yang berkepentingan saja. Departemen Keuangan, Departeman Sumberdaya, Humas, Produksi dan lain sebagainya harus menjiwai ruh Pemasaran(se’enaknya aja ya kayanya).

Ilustrasi Gambar Di atas : patrickpichette.com

Ilustrasi table penjelasannya ada di buku kotler & keller 2012, nanti klo aq udah sembuh aq upload.

Newer Post Older Post Home

4 comments:

  1. kunjungan perdana bos. Dunia marke ting bidang MLM kadang membuat jenuh.

    ReplyDelete
  2. @Raden Mas Misno : MLM hanya bagian kecil dari pemasaran. Multi level marketing hanya salah satu strategi bagaimana cara perusaan dapat menjual produk dan jasanya, karena produk dan jasanya mungkin jika harus dijual langsung dalam pasar kurang bisa bersaing.

    ReplyDelete
  3. mas, nama judul buku Kotler & Keller 2012 na apa ya?

    ReplyDelete
  4. @Danny : Marketing Management 14 Edition Kotler keller, kayanya untuk edisi Indonesianya belum ada.

    ReplyDelete