Metode Evaluasi Iklan ADPLAN

By | 13:20 2 comments
Sebelum Cerita tentang ADPLAN
Baru sempet apa males baca nih..hehe.. Majalah The-Marketeers yang didapat gratisan dari ikut acara Festival UKM 2012 di gedung SMESCO Jakarta. Kata pakde Hermawan Kartajaya, majalah ini yang ngasih bisnis lokal go onliene, yang merupakan program kampanye google saat pertama masuk ke Indonesia.

Dalam majalah Marketeers tersebut ada artikel yang berjudul "Sudah tepatkah investasi advertising anda?" Dalam artikel tersebut mengulas tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengevaluasi kinerja dari program iklan yang dijalankan.

Metode Evaluasi ADPLAN
Metode evaluasi ADPLAN (attention, distinctiveness, positioning, linkage, amplification, dan net equity) merupakan model yang dikembangkan oleh Kellogg School of Management di Northwestern University. Pembahasan ADPLAN tersebut, adalah sebagai berikut.


ATTENTION
Semakin banyak orang yang melihat tayangan iklan, maka akan semakin mudah informasi yang akan disampaikan oleh sebuah brand melalui iklan tersebut. Jadi, iklan memang harus menarik perhatian khalayak umum, semakin iklan itu menarik banyak perhatian, berarti dapat dikatakan iklan itu baik, namun jangan hanya berhenti disini saja, masih ada point DPLAN, mari kita lanjutkan!.

DISTINCTIVENESS
Walaupun telah berhasil mencuri perhatian khalayak umum, iklan tersebut haruslah berbeda dengan pesaingnya, terutama dalam program dan kelebihan yang ingin disampaikan, jangan hanya menginformasikan iklan yang menarik pengunjung, namun hanya sedikit lebih bagus dari pesaingnya. iklan gratis pada beberapa layanan provider, dapat dikatakan sangat membingungkan, malah terkadang pelanggan dibuat bingung, sebenarnya provider mana yang mengeluarkan layanan gratis? karena iklannya hampir sama semua.


POSITIONING
Positioning sebuah komunikasi produk dalam iklan merupakan sebuah hal penting yang tak dapat dilupakan begitu saja. bagaimana anda ingin menempatkan produk anda di benak konsumen? Jika positioning produk anda sudah menancap dibenak konsumen sesuai dengan tujuan anda, berarti iklan anda dapat dikatakan efektif.

LINKAGE
evaluasi selanjutnya adalah apakah ada keterkaitan antara iklan dengan tujuan yang diinginkan disampaikan oleh brand? jangan hanya membuat iklan yang bombastis, namun para pelanggan malah lupa atau bahkan tidak tahu iklan apa ini sebenarnya.


AMPLIFICATION
Amplification dapat dikatakan sebagai efek iklan yang ditimbulkan setelah para pemirsa melihat iklan tersebut. Efek lingkungan sosial dan budaya biasanya akan membuat perbedaan dalam hal penangkapan maksud dalam sebuah iklan. untuk mengetahuinya dapat dilakuakan berbagai macam riset, yang paling murah adalah dengan menggunakan media internet, dengan memberikan ruang khusus untuk memberikan tanggapan untuk iklan tersebut.


NET EQUITY
Net Equity harus sangat diperhatikan terutama bagi produk dengan brand yang telah lalang melintang buana di dunia ini. sebuah iklan yang ditayangkan di berbagai media, jangan sampai membuat sebuah citra merek menjadi rusak.

Komunikasi yang disampaikan melalui penayangan iklan, harus selalu dievaluasi, agar dapat diketahui sebuah program penayangan iklan efektif atau tidak. Jangan hanya sekedar menghamburkan budget periklanan begitu saja.satu iklan yang efektif sangat baik dan tidak berbahaya terhadap brand, ketimbang sepuluh iklan diberbagai media yang malah akan mengancam nyawa dari sebuah brand.

Semoga artike ini bermanfaat..







Newer Post Older Post Home

2 comments: