Duitku Kok Habis Terus Yah?

By | 07:16 Leave a Comment
ilustrasi: thechinaexpat.com
Gak tau teman-teman pernah merasakan apa yang saya alami ini atau tidak. Saya merasa setiap mendapatkan uang, tak lama berselang beberapa hari kemudian, uang itu entah pada lari kemana. Walau sudah di simpan di dalam ATM Bank-pun masih bisa pada kabur juga.

Dari kejadian tersebut, saya menyadari tentang pentingnya mengelola keuangan dengan baik. Anak muda memang memiliki keinginan yang banyak dan takut akan kesepian dan kesendirian, oleh karena itu kita sebagai anak muda biasanya rela mengeluarkan uang tanpa pikir panjang untuk meredam kecemasan dan keinginan yang kita miliki.

Masukan dari senior saya untuk masalah keuangan ini adalah "Nikah" Wah?? Ekstrim yah kelihatannya, saya juga berfikir seperti itu sebelumnya. Namun setelah dipikir panjang memang saya membutuhkan mentri keuangan, mentri perekonomian, dan mentri kesejahteraan keluarga pribadi alias pasangan hidup. Tapi, saya memang belum siap mas bro.

Solusi lain setelah membaca buku-buku pengelolaan keuangan sampai buku-buku dokter finansial saya akan merangkumkan apa yang saya dapatkan ke dalam tulisan ini.

1. Menabung di Awal 
Sebagai anak muda yang inign memperketat pengeluaran, kita disarankan untuk menabung di awal. Jika perlu kita mengkomunikasikan kepada perusahaan yang membayar/menggaji kita untuk langsung mentransfer. Pengalaman pribadi jika ditaruh di Bank biasanya akan habis juga, walau agak ditahan-tahan. Cara lain dengan memasukkannya ke tempat yang sangat amat susah untuk di ambil.

2. Jaga Pandangan
Maksudnya jangan membuat mata kita menjadi lapar oleh barang-barang yang kita lihat dan hanya akan menimbulkan keinginan untuk memilikinya, padahal kita tidak terlalu membutuhkannya. Tengok selalu barang-barang yang sudah kita miliki dan berfikir ulang untuk memanfaatkan segala yang kita punya untuk kebutuhan kita.

3. Kejamlah Terhadap Pengeluaran Pribadi
Maksudnya untuk memperketat pengeluaran pribadi kita lagi. dalam salah satu buku yang saya baca malah menyarankan agar mengikat dompet kita dengan karet beserta buku cacatan kecil dan alat tulis, agar setiap pengeluaran yang telah kita lakukan dicatat ke dalam buku tersebut.

Semuanya sepertinya masalah menahan yah? Kita memang harus bisa lebih bersabar dan menahan segala sesuatu terhadap pengeluaran yang sifatnya non kebutuhan. karena sebagaimana kita ketahui, boros juga merupakan salah satu sifat Setan.

Tulisan selanjutnya akan membahas strategi menabung untuk anak muda. Agar masa depan mulai kelihatan secercah cahayanya, tidak seperti penulis blog ini yang masa depannya masih hitam legam :( .
Newer Post Older Post Home

0 comments: