Iklan Adalah

By | 16:44 Leave a Comment
Sadar atau tidak setiap hari kita dihadapkan dengan iklan, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kita melihat penampakan tersebut biasanya di televisi, majalah, billboard, banner, koran, sticker di motor, kantong plastik, bungkus makanan, belakang buku, dan dimana-mana lagi se-enaknya iklan itu menemplok.
gambar : quarks.co.uk

Memang apa sih iklan?
Iklan atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut advertising adalah jenis komunikasi pemasaran yang mengacu kepada seluruh teknik komunikasi yang digunakan pemasar untuk menjangkau konsumennya dan menyampaikan pesannya. Teknik-teknik itu dapat berupa melalui PR, penjualan langsung, acara sponsor, pengemasan dan seperti contoh pada paragraf pertama artikel ini.
 
Semakin maju perkembangan teknologi dan dunia entertainment membuat dunia periklanan semakin kompleks, karena setiap medium atau event yang mengundang kerumunan banyak orang, unik, dan menjadi perhatian dapat berpotensi menjadi media sarana periklanan.

Secara sederhana, iklan adalah soal penciptaan pesan dan mengirimkannya kepada orang, dengan harapan orang tersebut akan bereaksi dengan cara tertentu. Sebuah iklan dikatakan efektif apabila target konsumen bereaksi sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak pengikan.
gambar : mindhacks.com
Demikianlah sekilas pemahaman tentang iklan, kedepannya nanti akan ada tuliasan-tulisan lain mengenai dunia periklanan yang lebih kompleks, seperti siapa saja yang terlibat dalam dunia periklanan, media apa saja yang dapat dijadikan pilihan untuk beriklan, cara mengukur iklan yang efektif, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk referensi, saya menggunakan beberapa buku periklanan, antara lain :
  • Advertising Edisi Ke 8 (Sandra Moriarty, Nancy Mitchell, William Wells, 2009)
  • Advertising and Promotion an integrated marketing communications perspective (George E. Belch & Michael E. Belch)
  • Marketing Management (Kotler & Keller)
Newer Post Older Post Home

0 comments: