Kesadaran Diri Akan Manajemen aset Pribadi

By | 23:05 Leave a Comment
image : masterfile.com
Dalam buku savir senduk yang judul bukunya kalau tidak salah karyawan juga bisa kaya raya. Ada satu hal yang dipenrintahkan dalam buku tersebut, mirip introspeksi diri, namun hal yang dilakukan ini lebih ke introspeksi aset atau inventarisir aset.

Perintahnya adalah :
  • Apabila anda sekarang berada di rumah, silahkan lihat sekeliling rumah dan catat seluruh barang yang telah anda beli/kumpulkan dengan uang anda!, silahkan catat barang lain yang tidak ada di rumah namun barang luar rumah yang anda miliki (rumah lain, mobil, tanah).
  • Setelah mencatat, kemudian silahkan anda inventarisir barang mana saja yang bersifat konsumtif (barang yang memerlukan pengeluaran)dan barang mana saja yang bersifat investasi.(barang tersebut dapat menghasilkan pemasukan bagi anda)
  • Setelah menginventarisir, silahkan anda bandingkan! banyak mana barang yang bersifat konsumtif atau barang yang bersifat investasi ?
Setelah saya melakukan introspeksi ini, saya yang notabene masih masuk golongan anak muda (jadi bangga gitu) lebih memiliki barang yang bersifat konsumtif dari pada barang yang bersifat investasi. barang yang bersifat konsumtif saya meliputi : Handphone, kipas angin, laptop, motor, handphone lagi, dll. Sedangkan barang investasi saya mungkin Hampir 0%. Karena tabungan juga sering diambil, saham gak punya, rumah gak punya, satu-satunya barang investasi saya hanya laptop. karena hanya itu yang dapat menghasilkan uang bagi saya pribadi.

Dari sini saya mulai sadar akan pentingnya rencana keuangan dan penghasilan untuk masa depan. mulai kini ayo bagi temen-temen yang belum memiliki banyak barang-barang investasi, sekarang saatnya kita mengumpulkannya, mumpung masih muda lho!, barang-barang investasi pastinya akan menghasilkan pemasukan income positif bagi kantong kita, bukan tidak mungkin bila suatu saat kita lebih banyak memperoleh penghasilah dari barang-barang investasi atau aset kita ketimbang dari penghasilan gaji kita.

Tulisan selanjutnya nanti, saya akan mengeksplore kira-kira barang, produk, jasa apa saja yang dapat dijadikan instrumen investasi bagi teman-teman sekalian. Jadi teman-teman sekalian lebih memiliki gambaran, kira-kira aset apa saja yang bagus dimiliki bagi kita (terutama anak muda).
Newer Post Older Post Home

0 comments: