WAJIB Tes TOAFL di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

By | 06:03 9 comments
Seluruh Mahasiswa UIN Syarif hidayatullah Jakarta Wajib mengikuti TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language). Baik itu mahasiswa yang berasal dari pesantren maupun dari sekolah umum. Baik fakultas yang konsentrasinya berhubungan erat dengan bahasa arab maupun yang tidak berhubungan.

Saya sendiri dari fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran, diharuskan mengikuti test TOAFL, padahal saya hanya diberikan mata kuliah bahasa arab sebanyak 4 sks. Dengan 2 sks di smester awal mata kuliahnya Bahasa Arab 1, dan 2 sks di smester 2 mata kuliahnya Bahasa Arab 2.

Bagi teman-teman sekalian yang membaca tulisan ini, mungkin mengetahui dan mengalami, untuk tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) saja, bagi kita yang sudah menerima pelajaran Bahasa Inggris sejak sekolah tingkat dasar, masih banyak mahasiswa yang mendapatkan hasil jelek dalam tes TOEFL.

Nah bagaimana dengan tes TOAFL ini? beberapa mahasiswa yang berasal dari sekolah umum pastinya akan mengisi lembaran-lembaran jawaban tes TOAFL dengan isi yang asal-asalan saja, dengan harapan mendapatkan nilai yang baik dari keberuntungan jawaban yang mengasal tersebut.

Tentunya semua orang yang mengikuti tes ini baik dari mahasiswa yang berasal dari sekolah umum maupun yang dari pesantren ingin mendapatkan hasil yang baik, karena hasil tes TOAFL ini menjadi syarat untuk mengikuti sidang skripsi untuk fakultas saya.

Jalan keluarnya untuk mendapatkan nilai baik adalah dengan cara belajar bahasa arab. Namun, bisa dibayangkan berapa waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kursus bahasa arab, yang kemungkinan tidak akan dipergunakan nanti setelah lulus.

Tes ini malah dapat membuka peluang kecurangan atau mengharuskan seseorang berbuat curang, seperti menscan hasil tes toefl dan memodifikasinya, menyuruh orang lain untuk mengikuti tes tersebut (Joki), atau menyogok orang dalam lembaga tes untuk mengeluarkan sertifikat dengan nilai yang baik dengan membayar sejumlah uang.

So, penafsiran selanjutnya Terserah pembaca sekalian... Saya mau lanjut nonton Penyisihan Piala AFC lagi... :D
Newer Post Older Post Home

9 comments:

  1. Mau tanya dong tempatt tes TOAFL untuk umum ada ngga ??

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, maba juga dites TOAFL kan? Itu kalau tidak mencapai nilai minimal gimana?._. Di DO kah? Atau enggak?._.

    ReplyDelete
  4. Enggak di DO, cuma untuk mengukur kemampuan Maba Saja

    ReplyDelete
  5. Apa kalo gak lulu dalam test TOEFL dan TOAFL gak di terima di UIN?

    ReplyDelete
  6. Terus nanti kalo pas mau lulus gitu ada tes toafl lagi?

    ReplyDelete
  7. \nanti pas mau sidang, sertifikat TOEFL dan TOAFL menjadi salah satu syaratnya

    ReplyDelete
  8. Hiks. Saya juga ragu masuk UIN krn TOAFL ini. Terpaksa kursus bhs arab dulu baru berani daftar

    ReplyDelete
  9. Hiks. Saya juga ragu masuk UIN krn TOAFL ini. Terpaksa kursus bhs arab dulu baru berani daftar

    ReplyDelete