IKLAN EMAIL : Masih Efektif Gak yaaa..???

By | 06:40 Leave a Comment
masterful-marketing.com
Ada dua jenis konsep pemasaran saat ini, yaitu konsep pemasaran tradisional dan konsep pemasaran modern. Titik tolak dapam konsep pemasaran tradisional bertitik tolak pada produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan menggunakan media atau alat yang berupa penjualan untuk mencapai tujuan akhir yaitu keuntungan atau laba yang besar-kecilnya tergantung pada jumlah yang laku. Sedang konsep pemasaran modern yang berlaku sekarang ini bertitik tolak pada kebutuhan dan keinginan konsumen dengan menggunakan alat atau media program pemasaran yang terintegrasi dengan tujuan akhir pada keuntungan atau laba melalui kepuasan konsumen.

E-mail marketing dapat dianggap sebagai alat atas pemasaran elektronik (e-marketing) . E-mail
marketing termasuk dalam kelompok komunikasi Pemasaran Langsung (d irect marketing ). E-mail marketing karenanya merupakan pemasaran langsung yang diatur dengan instrumen online berupa e-mail. Menurut Kalyanam dkk. (2002), e-mail digunakan untuk tiga fungsi utama yaitu pertama fungsi promosi, kedua memberikan layanan konsumen dan ketiga berfungsi untuk menerima pertanyaan dari konsumen. Fungsi pertama berhubungan dengan e-mail promosional dan yang kedua dan ketiga berhubungan dengan e-mail yang terkait dengan layanan (service related e-mail).

Salah satu strategi pemasaran dengan menggunakan e-mail yang populer pada saat ini adalah List Building yang menurut saya pribadi sebenarnya ini masuk juga ke dalam strategi customer relationship management. Dalam strategi list building ini, pemasar mengumpulkan email pelanggan potensial, atau pelanggan yang tidak potensial sekalipun untuk dikirimi email secara periodik yang berhubungan dengan tujuan pemasar tersebut.

Tujuan pemasar macam-macam, bisa menawarkan produk, membuat penerima email hanya mengunjungi website, mengisi data survey, hanya sekedar pengingat atau ucapan selamat ulang tahun, dan tujuan-tujuan lainnya.

Strategi ini memang cukup signifikan efektif, selama pelanggan merasa mendapatkan sesuatu yang berhubungan dengan apa yang ia butuhkan, tetapi jika yang dikirimkan melenceng dari azas manfaat yang dibutuhkan pelanggan, pemasar perlu mengingat bahwa kontrol email ada di tangan mereka dan mereka dapat sewaktu-waktu melempar email anda ke folder spam jika mereka merasa terganggu dengan hadirnya email anda yang tidak relevan dengan apa yang mereka butuhkan,apalagi dikirim secara membabi buta.

mendalami konsumen sangatlah penting, strategi ini akan lebih efektif jika kita dapat mengkonek dengan akun jejaring sosial mereka, karena dari sana kita juga dapat memperoleh informasi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan kita tersebut.
Newer Post Older Post Home

0 comments: