STP-PDB

By | 09:00 Leave a Comment
Fokus dalam sebuah bisnis merupakan suatu keharusan, jika usaha yang kita jalankan menginginkan terus bertahan dan bertahan terus. Namun, bnyak dari kita gampang tergiur akan segala sesuatu yang mengalihkan fokus bisnis kita. Sering kita menerima penawaran-penawaran pekerjaan yang berada diluar fokus bisnis yang kita jalankan, yang akhirnya malah terkadang membuat kita terjebak dalam ketidak jelasan fokus bisnis.

STP-PDB merupakan strategi yang sering dianggap sepele, padahal strategi ini dapat membuat fokus bisnis kita tajam dan mematikan seperti sorotan sinar laser. Segmentasi, Targeting, positioning - positioning, Differensiasi, dan Branding plus marketing mix yang mengandung promotion mix di dalamnya apalagi dikawinkan dengan integrated marketing communication (komunikasi pemasaran terpadu) sangatlah kecil kemungkinan bisnis kita tidak meledak.

Permasalahannya adalah kita malas untuk menerapkan strategi-strategi tersebut yang memang kelihatannya ngejelimet banget, apalagi kalau kita sudah mendengarkan om Bob sadino yang selalu bilang "jalanin aja deh!!" Padalah di jaman informasi dengan persaingan hyper kompetitif ini, kita selalu membutuhkan strategi-strategi jitu agar bisnis kita tetap sustainable.

Kemalasan yang saya alami sendiri karena strategi-strategi tersebut membutuhkan dua hal dan di tmbah biaya sehingga saya merasa malas, dua hal tersebut adalah analisa dan ide kreatif. analisa membutuhkn pengamatan, pengumpulan data, pemikiran dan ide kreatif membutuhkan nalar-nalar yang sedikit korslet agar hasilnya menjadi luar biasa.

Disnilah pentingnya ilmu manajemen yang baik, semua itu dapat dikelola dengan baik jika diatur dan dijadwalkan dengan sedemikian rupa, Karena pastinya terkadang kita lebih memiliki waktu untuk berbingung ria dan diam tidak melakukan apapun sama sekali.

Dan manajemen waktu yang baik adalah konsistensi dan istiqomah, yang terus terang susah saya terapkan secara pribadi. Oleh karena itu tulisan ini labih saya tunjukkan untuk diri saya sendiri.
Newer Post Older Post Home

0 comments: