Strategi Integrated Marketing Communication (IMC)

By | 15:08 3 comments
openlibrary.org
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah Komunikasi pemasaran terpadu yang merupakan sebuah proses perencanaan komunikasi pemasaran yang memperkenalkan konsep perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen komunikasi pemasaran, seperti public relation, advertising, direct selling, sales promotion, dan interactive marketing, untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta pengaruh komunikasi yang maksimum. Komunikasi Pemasaran Terpadu sering disebut dengan IMC merupakan sebuah proses strategi bisnis dalam mengelola hubungan dengan konsumen yang intinya untuk menggerakkan brand value.

Jika kita mengacu pada konsep promotion mix dan marketing communitation mix, yaitu Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation( PR), Event, Word of Mouth semua elemen ini digunakan dalam stategi IMC dengan tujuan untuk memaksimalkan promosi produk mereka agar terkomunikasikan ke pelanggan yang merupakan target pasar maupun pasar potensial lainnya.

Al Ries menulis buku dengan judul "Advertising is Dead. Long live PR" Maksud dari buku tersebut bukanlah hanya public retalion yang nantinya akan mennggantikan peran periklanan tetapi karena efektifitas iklan semakin menurun Konsumen perlu terus menerus untuk diingatkan melalui berbagai medium komunikasi! Konsumen membutuhkan komunikasi dua arah! Diperlukan pengukuran yang membantu marketer untuk menentukan investasi dalam komunikasi! Database memainkan peran yang semakin penting! Perlu adanya koordinasi dari berbagai komunikasi dari suatu merek atau perusahaan!

Oleh karena itulah perlu adanya penggabungan seluruh medium promosi, selain untuk mengkomunikasikan produk, jasa, maupun organisasi ke pelanggan, channel-channel pilihan dalam setiap elemen promotion mix memiliki tujuan untuk selalu dekat dengan pelanggan.

Desain IMC keseluruhan tergantung dengan kebutuhan perusahaan, dan yang paling terpenting adalah efektivitas dari kegiatan IMC tersebut, dikemudian hari medium IMC yang dianggap tidak efektif dapat di buang dan mengoptimalisasikan medium IMC yang sangat menonjol dalam efektivitas komunikasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Newer Post Older Post Home

3 comments:

  1. kalau untuk menggunakan media online sebagai aktivitas marketingnya (e marketing) masuk ke dalam apa mas? di dalam konsep IMC.

    ReplyDelete
  2. Semua elemen Cpmmunication Mix, dalam tulisan saya di atas masih Communication mix yang lama. Yang baru dari buku Kotler Keller 14e (2012), sebagai berikut:
    1. Advertising—Any paid form of nonpersonal presentation and promotion of ideas, goods, or services by an identified sponsor via print media (newspapers and magazines), broadcast media (radio and television), network media (telephone, cable, satellite, wireless), electronic media (audiotape, videotape, videodisk, CD-ROM,Web page), and display media (billboards, signs, posters).

    2. Sales promotion—A variety of short-term incentives to encourage trial or purchase of a product or service including consumer promotions (such as samples, coupons, and premiums), trade promotions (such as advertising and display allowances), and business and sales force promotions (contests for sales reps).

    3. Events and experiences—Company-sponsored activities and programs designed to create daily or special brand-related interactions with consumers, including sports, arts, entertainment, and cause events as well as less formal activities.

    4. Public relations and publicity—A variety of programs directed internally to employees of the
    company or externally to consumers, other firms, the government, and media to promote or protect a company’s image or its individual product communications.

    5. Direct marketing—Use of mail, telephone, fax, e-mail, or Internet to communicate directly with or solicit response or dialogue from specific customers and prospects.

    6. Interactive marketing—Online activities and programs designed to engage customers or prospects and directly or indirectly raise awareness, improve image, or elicit sales of products and services.

    7. Word-of-mouth marketing—People-to-people oral, written, or electronic communications that relate to the merits or experiences of purchasing or using products or services.

    8. Personal selling—Face-to-face interaction with one or more prospective purchasers for the purpose of making presentations, answering questions, and procuring orders.

    ReplyDelete
  3. mas mau tanya dong... jadi menurut mas kalau seorang marketing iklan atau account excecutive perusahaan media cetak itu lebih baiknya lebih ke bagaimana strategi IMC atau startegi marketingnya saja mas? terima kasih mas

    ReplyDelete