Designed by Apple in California. Made in INDONESI #24

By | 22:54 Leave a Comment
Dalam tulisan ke #24 Pakde Hermawan Kertajaya, membicarakan tentang sebuah persaingan yang kelihatannya dulu tidak masuk akal, tapi kini semua bisa dilakukan. Semua itu tentang kualitas, biaya, dan distribusi.

Dahulu jika sebuah kualitas ingin ditingkatkan, maka biaya akan lebih tinggi dengan waktu pengerjaan yang mungkin akan lebih lama, begitu juga dengan masalah distribusi, jika kota atau keberadaan pelanggan jauh dari jangkauan perusahaan, maka biaya akan semakin tinggi pula.

Namun semua itu sudah mulai terkikis hingga tipis pada zaman globalisasi dan teknologi informasi yang kian berkembang ini. Semuanya kini dapat dilakukan melalui pihak ketiga, dengan kualitas yang bisa jadi lebih baik dan harga yang mungkin fantastis lebih murah dari pada harus membuatnya sendiri di negri sendiri.

Sudah banyak contoh tentang sebuah produk yang dibuat dengan desain saja, namun dirakit atau diproduksi bukan pada negri di mana produk itu didesain. Dalam persaingan yang hypercompetitive ini memang setiap perusahaan harus terus memutar otak, bagaimana cara tetap memperoleh kualitas baik dengan cost yang baik pula, tanpa mencederai kepuasan pelanggan.
Newer Post Older Post Home

0 comments: