Masuk Komunitas Dan Jadilah Terpercaya #37

By | 10:15 Leave a Comment
Saya Tergabung dengan beberapa komunitas online, terutama dengan komunitas-komunitas yang ada hubungannya dengan dunia publisher ataupun blogging. Saya melihat beberapa master disana selalu membagikan ilmunya dengan gratis dengan tujuan hanya sharing ilmu saja.

Ternyata hal tersebut bereferk kepada anggota lain yang menjadi percaya akan kelebihan yang dimiliki oleh orang-orang yang selalu membagikan ilmu yang bermanfaat tersebut. Sehingga apabila sewaktu-waktu orang yang dipercaya tersebut menjual jasa maupun produknya, pasti laris manis kaya warteg yang dikelilingi pabrik.

Artinya jika kita masuk ke dalam sebuah komunitas jadilah terpercaya terlebih dahulu, selalu bantu memecahkan solusi dari masalah-masalah yang dihadapi oleh anggota lain, dan jangan sungkan membagikan ilmu untuk anggota lainnya.

Trust ini menjadi syarat utama dari sebuah komunitas yang efektif. Kalau Anda tidak bisa dipercaya di sebuah komunitas, Anda akan “habis.” Bahkan, lebih baik keluar dari komunitas. Tapi, kalau Anda benar-benar dipercaya, harga jadi masalah kedua. Karena orang sudah percaya duluan akan kualitas atau originalitas dari produk yang dijual. Itulah yang namanya “Sengsara membawa Nikmat” dalam komunitas Menuruh Hermawan Kartajaya dalam tulisannya yang ke #37.
Newer Post Older Post Home

0 comments: