TOWS plus 4C #31

By | 12:36 Leave a Comment
Strategi klasik Kenichi Ohmae 3C, yaitu Customer,Competitor, dan Company. Apa yang dibutuhkan Company? Apa yang dilakukan Competitor? Apa kekuatan dan kelemahan Company? ditambahkan satu C lagi oleh Hermawan Kartajaya, yaitu Change.

Karena lanskap persaingan selalu berubah. Yang diinginkan Customer berubah, begitu juga dengan perilaku Competitor. Karena itu, Drivers of Change, yaitu Science/Technology,Political/Legal, Economy/Business, Social/Culture, dan Industry/Market harus terus diikuti trennya.

Jadi selain menganalisis kondisi pelanggan, kompetitor dan perusahaan ada faktor x lain yang kadang akan menjadi penghambat yang tidak terduga pada suatu saat nanti, oleh karena itu, perlulah menambahkan elemen Change, agar dapat mempersiapkan diri terhadap segala perubahan dan kemungkinan yang nantinya akan terjadi.

Segala strategi tersebut disusun di atas analisis TOWS atau yang biasa lebih dikenal SWOT, hanya keterbalikan ini lebih melihat sisi pesaing terlebih dahulu, ketimbang kita melihat kekuatan kita.


Newer Post Older Post Home

0 comments: