Perbedaan Transfer Online, Kliring dan RTGS

By | 16:47 4 comments
Gambar ATM di Hack : engadget.com
Awal kisahnya ketika pulang menjelang tengah malam, mampir ke ATM yang ada di pom bensin, selang beberapa detik di dalam ruang ATM yang memuat dua mesin ATM, masuklah seorang wanita yang penampilan dan umurnya tidak saya perhatikan, soalnya UDAH SALAH MASUKIN PIN SAMPE 3 KALI, GAK BISA NGAMBIL DUIT JADINYA....MERONGOSS..

Dah gitu perempuan yang kelihatannya setengah baya di mesin ATM sebelah pake sok-sok ketakutan lagi ngeliat GHUWE uring-uringan di depan mesin ATM sambil mencet-mencet tombol gak jelas, soalnya kirain tombolnya yang rusak, taunya gw yang emang salah. Soalnya ingetnya pinnya 6 digit eh taunya 4 digit, jadi masukkin pin untuk ATM bank lain yang enam digit udah 3 kali mencetnya lagi, dah keblokir jadinya.

Intinya ATM mandiri gw keblokir, dan mulai sejak itu malah jadi punya ide untuk menjadikannya sebagai tabungan yang susah di ambil, jadinya ATM sengaja tidak dipulihkan dari blokir, emang berjalan sesuai rencana sih beberapa bulan, namun sejalan dengan diblokirnya juga internet banking tapi gak sekalian sama mobile banking dan sms banking, jadi alamat saya masih bisa transeksong.

Pagi ini nyoba transfer menggunakan Mobile Banking Mandiri yang ATM-nya di blokir ke Akun Tabungan BNI yang isinya kosong melompong tapi ATM-nya sehat wal afiat. Di menu mobile bankingnya ada pilihan transfer ke sesama rekening, tranfer antar bank kliring, transfer antar bank RTGS, dan transfer antar bank online.

Milih yang online gak bisa sukses trasfernya, informasinya dari pesan yang muncul, saya gak bisa melakukan transaksi transfer online, mungkin hanya akun gold saja yang bisa, soalnya saya kan cuma nasabah mandiri silver.

Yaudah pilih yang transfer antar bank kliring.. transfer jam 6 pagi, trus langsung jalan ke ATM, mungkin sampai ATM jam 7 lah, eh taunya belom masuk....""bleketekgedabrug""

Dari pengalam tersebut ane dapet pelajaran, kalau transfer dengan menggunakan ATM dengan internet banking atau mobile banking berbeda. Soalnya ane pernah ngerasain kalau transfer pake ATM walau ke bank lain tetap nyampenya cepet, Tapi kalau dengan mobile banking atau internet banking ada tiga pilihan di menu Transfer Online, Kliring atau RTGS.

Transfer Online, katanya sih sampe saat itu juga
Kliring, muter2 dulu yang ngaterin duit
RTGS, real time katanya..

NB: ane transfer pagi tadi dari Mandiri mobile banking ke BNI..sampai tulisan ini selesai uang juga belum masuk ke rekening BNI, mungkin kurang lebih seharian, tapi baca info di tempat lain katanya BI sekarang kliring setiap 2 jam sekali, mudah2an saja benar,, soalny udah keroncongan nih perut :P

SEHARIAN BARU SAMPE SETELAH MENUNGGU...
Newer Post Older Post Home

4 comments:

  1. ga juga.. yg via mobile online bsa kok...
    aku barusan coba dri mandiri k BRI lgsung msuk kok wlwpun pke yg silver

    ReplyDelete
  2. Mau tanya deh.. kalau misal A mau kliring BRI via m-banking ke rekening BNI, nah situ si penerima apakah harus dalam keadaan online di atm? Atau itu cuma akal2an aja? mohon banget balesannya ya.. thanks

    ReplyDelete