Anggaran Dana Pemilihan Wali Kota Tangerang 2013

By | 08:36 1 comment

Menurut berita yang dikutip dari Tempo.co, Wali Kota Tangerang Wahidin Halim tidak akan menggelontorkan dana yang menurutnya mubazir untuk pemilihan walikota Tangerang 2013, tingginya anggaran pilkada hingga Rp 60 miliar merupakan pemborosan anggaran.

"Akan dikaji ulang, kalau perlu uang sebesar itu dibagi dua, sekali putaran Rp 30 miliar," ujar Wahidin, Selasa, 29 Januari 2013. Wahidin menilai anggaran itu terlalu besar untuk penyelenggaraan pilkada dengan penduduk 1,2 juta jiwa di 13 kecamatan.

Sedangkan menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Safril Elain yang ditulis di Tempo.co membantah pernyataan Wahidin. Menurut dia, dana senilai Rp 60 miliar itu sudah sesuai dengan pelaksanaan, logistik, dan sosialisasi yang akan dilakukan KPU dalam pesta demokrasi pada Oktober 2013 mendatang.

"Nilai itu sudah sepadan," ujar Safril. Bahkan KPU sebelumnya mengajukan anggaran Rp 74 miliar. Namun, melalui paripurna DPRD pada November 2012, dana yang disetujui Rp 60 miliar. Pihaknya akan meminta tambahan anggaran jika uang itu habis pada putaran pertama.

Juga ditulis di media yang sama, Pengamat politik Burhanudin Muhtadi setuju dengan Wali Kota Tangerang untuk mengkaji ulang pengucuran anggaran. Menurut Burhanudinm dana sebesar itu terlalu mahal. Mengingat geografis Kota Tangerang yang lokasinya berdekatan, tidak terlalu besar seperti Kabupaten Tangerang dengan 29 wilayah kecamatan. "Wah, sangat mahal. Kalau bisa dipermurah. Untuk apa mahal-mahal, jangan sampai menjadi sinisme dan bukan pesta rakyat lagi, melainkan menjadi pesta elite," ujar Burhanudin.

Burhanudin mengatakan, mestinya DPRD, pemerintah kota, dan KPU membahas kembali anggaran tersebut. "Tempat pemungutan suara kan bisa pakai gedung yang ada, kotak suara juga bisa pakai yang sudah ada, itu tidak rasional," ujar dia. Lebih jauh Burhanudin menyarankan agar selebihnya dari alokasi anggaran itu digunakan untuk kepentingan rakyat, seperti pendidikan atau kepentingan lain yang bermanfaat.

Sebenarnya saya secara pribadi ingin sekali melihat rencana anggaran untuk pemilihan walikota Tangerang 2013 ini, jujur sebagai warga Tangerang yang berkecamatan di Cipondoh saya penasaran juga dengan angka 60 Milyar yang diajukan tersebut.
Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. Blognya bagus tapi kelihatannya tampilan versi seluler belum dioptimasi

    ReplyDelete