Nintendo dan Super Mario Brothers

By | 02:52 Leave a Comment

Rasanya tidak lengkap bila kita mengangkat topik tentang video games tapi tidak mengaitkan dengan kisah Nintendo waktu dulu saat merajai industri. Awalnya pada awal tahun 1980 an, dalam industri Atari menjual permainan seperti ping pong dan secara cepat menaikkan omset penjualan sebesar 2 milliar dollar. Akan tetapi, anak-anak secara cepat bosan dengan permainan sehingga Atari mengalami penurunan penjualan dengan cepat. Saat itu industri menjadi stagnan, tidak ada orang yang memikirkan masa depan video games kecuali produsen asal Kyoto, Nintendo.

Kesuksesan Nintendo yang pertama adalah Super Mario Brothers, dimana game ini menjadi legenda game sampai dengan saat ini. Pada game ini, kita memaikan tukang ledeng yang mengarungi petuangan dan hambatan untuk menyelamatkan tuan puteri. Tingkat penjualan game ini sangat tinggi, mencapai 39 juta kopi di seluruh dunia. Mario menjadi symbol internasional, bahkan pasar anak-anak di Amerika menyatakan Mario lebih terkenal dibandingkan Mickey Mouse.

Saat itu Nintendo memiliki lebih dari 200 games mulai dari game baseball sampai dengan peperangan abad pertengahan yang dihargai 50 dollar. Tidak seperti kompetitornya, Nintendo memproduksi kualitas produk, memperbaiki game yang rusak, dan memiliki hot line untuk setiap konsumen yang menghadapi masalah. Nintendo mengalami booming sampai-sampai satu dari empat keluarga di Amerika diklaim memiliki Nintendo di rumahnya. Bahkan banyak anak-anak yang ketagihan bermain Nintendo sehingga orang tua banyak mengeluh sulit untuk mengontrol anak saat itu.

Setelah berjalan beberapa waktu, diketahui bahwa tidak semua pengguna datang dari segmen anak-anak. 34 persen dari mereka adalah golongan dewasa yang memainkan baik game anak-anak maupun game dewasa. Pada tahun 1989, Nintendo mengenalkan Game Boy, sebuah perangkat permainan portable. Pada awalnya game yang didesain ini ditujukan untuk konsumen dewasa. Kita mengenal salah satu game yang dikembangkan Gameboy yang bernama Tetris. Game ini menarik perhatian banyak orang dan tidak sedikit yang ketagihan. Game ini pun menjadi salah satu game legenda sampai saat ini.

Nintendo membuat terobosan di dunia game dan pemasaran. Mereka berhasil menggunakan game untuk masuk ke dalam aktifitas konsumen, membangun merek Nintendo dan juga beberapa tokoh dalam permainannya menjadi banyak dikenal oleh masyarakat banyak. Nintendo terus melakukan inovasi dalam pengembangan produk sampai dengan saat ini.

Artikel ini diadaptasi dari buku Consumer Behavior and Marketing Strategy 4th edition karangan J. Paul Peter dan Jerry C. Olson
Newer Post Older Post Home

0 comments: