Latest News

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2013

Menurut bank dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2013 mencapai kondisi yang baik pada kuartal pertama atau menjelang 4 bulan pertama awal tahun ini, pada tahun 2011 pertumbuhan mencapai 6,5% dan pada tahun 2012 sedikit menurun menjadi 6,2%. Tahun ini, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan tetap di angka 6,2% sedikit berbeda dari perkiraan di akhir Desember lalu, yaitu 6,3%.  Pertumbuhan di tahun 2014 diperkirakan akan mencapai 6,5%.

Bank Dunia menyoroti lima sumber tekanan terhadap prospek (outlook) ekonomi Indonesia. Kelima sumber tersebut, antara lain perlambatan pertumbuhan investasi, kemungkinan dampak perlambatan dari penjualan riil dan perlambatan PDB nominal, tren-tren pada neraca eksternal, beban subsidi BBM yang berlanjut, dan lambatnya pengurangan kemiskinan.

Bank Dunia menyarankan, tanggapan yang tepat atas tekanan-tekanan itu adalah dengan peningkatan investasi di infrastruktur publik. Lalu, meningkatkan daya saing perdagangan, serta reformasi dalam subsidi BBM.

“Dengan tekanan yang semakin meningkat, pengalaman global menunjukkan bahwa tanggapan kebijakan yang proaktif dapat membantu ekonomi tetap pada jalurnya dan menghindari kejutan penurunan pertumbuhan yang sering dihadapi negara-negara berpenghasilan menengah. Perkembangan terakhir menunjukkan penekanan daya saing perdagangan dan dukungan kepada investasi swasta, “kata Jim Brumby Ekonom Utama Bank Dunia dan Manager dari Sektor Pengentasan Kemiskinan dan Pengelolaan Ekonomi di Indonesia, dalam siaran pers di situs resminya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia ini masih saya andang biasa, walau terlihat tumbuh namun indeks pemeraaannya belum sempurna. Perputaran keuangan masih didominasi oleh orang-orang lama, walaupun ada gelembung peningkatan kelas menengah, tetapi hanya terdapat di kota-kota besar saja.

Jelang pemilihan presiden 2014, dan penundaan kenaikan harga BBM yang dilakukan beberapa waktu yang lalu akan menjadi bom waktu ekonomi yang akan meledak sebentar lagi disertai kondisi politik yang tidak stabil pula. Semoga prediksi saya ini salah. Prediksi saya ini salah ketika kegiatan ekonomi di sektor riil dapat tetap stabil dari terpaan badai politik dan globalisasi.

No comments:

Post a Comment

masih blogger Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Template images by Bim. Powered by Blogger.