Perbedaan Antara Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, dan Institut

By | 20:06 Leave a Comment

Sudah lama bertanya-tanya, namun karena belum terasa penting terhadap suatu hal, kita terkadang sering melupakannya. Seperti penjelasan dari perbedaan antara pendidikan tinggi di Indonesia, walau sudah menjalankan pendidikan di universitas. Tapi, sampai sekarang saya pribadi belum tau juga apa perbedaan antara Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, dan Institut. 

Berikut ini penjelasannya:

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 60 TAHUN 1999
TENTANG
PENDIDIKAN TINGGI


Pasal 6 
(1) Satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi disebut perguruan tinggi, yang dapat berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut atau universitas.
(2) Akademi menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu.
(3) Politeknik menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.
(4) Sekolah tinggi menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu.
(5) Institut menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/ atau profesional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian yang sejenis.
(6) Universitas menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu.
Newer Post Older Post Home

0 comments: