"Tahapan BCA" Strategi Jadoel Mengumpulkan Dana Dari Nasabah

By | 12:47 Leave a Comment

Beberapa perusahaan membuat kebijakan, strategi, dan langkah taktis yang tidak hanya berdampak pada konsumennya saja namun juga merubah peta persaingan di industri. Beberapa di antaranya masih kita nikmati sampai saat. Bila pergi ke luar rumah, terutama pada pusat bisnis dan perbelanjaan kita seringkali melihat billboard-billboard yang mempromosikan tabungan-tabungan berhadiah dari berbagai bank. Namun tahukan Anda bahwa semua ini dipicu oleh program dari BCA yang dinamakan Tahapan (Tabungan Hari Depan BCA).

Program ini berasal dari Mochtar Riady yang saat itu menjabat sebagai direktur utama BCA. Idenya sebenarnya cukup sederhana, bagaimana agar BCA dapat menarik dana masyarakat dalam skala besar yang tadinya uang itu disimpan di bawah bantal dimasukan ke rekening bank. Sebagai gambaran, ketika diluncurkan, nasabah BCA berjumlah sekitar 500 ribu dengan dana yang terkumpul sekitar Rp 500 milliar. Hanya dalam waktu kurang dari setahun kemudian, BCA sanggup meraup dana hingga mencapai Rp 1 triliun. Dan pada tahun 2005, dana kelolaan ini melonjak hingga mencapai Rp 60 trilliun dengan jumlah nasabah lebih dari 6 juta orang. Selama perjalanan 16 tahun itu, BCA telah memberikan hadiah bagi lebih dari 100 ribu nasabahnya.

Program tabungan ini berhasil mengalahkan program tabungan yang sedang populer pada saat itu yaitu Tabanas. Di awal kemunculannya, Tahapan BCA langsung menawarkan hadiah sebesar Rp 500 juta, angka yang cukup besar saat itu. Langkah pemberian hadiah ini sebenarnya bukan praktik baru dan telah lama berlangsung di industri consumer goods Indonesia. Di industri consumer goods, pelanggan dan calon pelanggan bukan hanya menginginkan manfaat fungsional dan manfaat emosional langsung dari produk, namun juga manfaat emosional yang tidak langsung yang salah satu di antaranya hadiah. Hal ini lah yang dibawa BCA ke industri perbankan saat itu. Cara ini dinilai cukup efisien dan efektif bila dibandingkan membiayai bunga deposito yang secara tren naik pada saat itu.

Tahapan BCA ini juga digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif untuk mendapatkan dan mempertahankan nasabah selain sebagai instrument untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Kemudian pada perkembangannya, banyak bank lain membuat program serupa yang menawarkan hadiah-hadiah menarik untuk konsumen.
Newer Post Older Post Home

0 comments: