The Kellogg Cholesterol Challenge

By | 09:13 1 comment

Sebagian kita telah mengenal merek Kellogg, produk yang menyediakan makanan sereal yang biasa disajikan dengan susu. Kellogg pernah mengadakan event yang berhasil menarik perhatian banyak orang di Amerika, dan sebagian besar menggunakan publikasi dari industri media.

Kellogg membuat program yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesadaran konsumen terhadap kolesterol dalam darah. Bekerja sama dengan American Health Foundation, Kellog mengadakan “The Kellogg Cholesterol Challenge”, kompetisi ini menantang pesertanya untuk menurunkan level kolesterol serendah-rendahnya. Kontes diadakan di beberapa kota seperti Lansing, Michigan, dan Jackson. Program ini dijalankan selama empat bulan dan melewati beberapa tahapan evaluasi yang cukup ketat.

Selain itu, Kellogg juga mengadakan acara sarapan bersama dan mengundang walikota dan gubernur Michigan dan Missisipi. Media lokal juga dirangkul sebagai pihak sponsor dan menjadi salah satu channel pemberitaan. Kedua kota ini dipilih karena memiliki struktur demografis yang cukup mirip dan juga dapat menarik perhatian banyak orang. Kedua kota ini dianggap sebagai ibukota bagian selatan dan utara Amerika Serikat yang mungkin mengingatkan sebagian besar masyarakat akan perang sipil antara Amerika bagian Utara dan Selatan sewaktu Abraham Lincoln masih hidup. Isu ini menarik banyak komunitas dan promosi seperti flyer, poster yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi.

Pada awal kompetisi tercatat terdapat 21.000 partisipan. Tindak lanjutnya peserta diberikan berbagai informasi keuntungan diet rendah lemak dan rendak kolesterol. Tidak hanya itu supermarket, rumah sakit, dan media lokal juga terlibat untuk menjaga agar peserta tetap termotivasi. Dan program ini pun berubah menjadi gerakan di beberapa negara bagian.

Pada akhirnya kota Jackson memenangkan kompetisi ini dan memenangkan dana sebesar 200.000 dollar untuk program kesehatan kota di masa datang untuk para remaja. Sebagai hasilnya juga, kota Jackson berhasil menurunkan tingkat kolesterol yang tadinya berada di ambang batas resiko tinggi menjadi di bawah rata-rata nasional. Program ini juga  berhasil meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat akan kolesterol. Kisah ini kemudian dimuat di media lokal dan nasional dan memperkuat asosiasi Kellogg dengan produk bernutrisi untuk kesehatan.

Kellog berhasil memberikan edukasi kepada pasar, memperkuat brand equity, dan pada masa yang bersamaan Kellogg memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak secara cuma-Cuma. Publikasinya pun tidak hanya di tingkat nasional tapi menjangkau wilayah negara bagian lain melalui jalur pemberitaan.

Artikel ini diadaptasi dari bukuThe Marketer’s Guide to Public Relations karangan Thomas L. Harris
Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. Ini sebuah inspirasi buat Indonesia tercinta sobat, semoga bangsa kita terinspirasi dengan membaca artikel ini. salam sehat buat sobat!

    ReplyDelete