Data Lama Yang Terkubur di Hard Disk Ternyata Nongol di Drop Box

By | 13:33 Leave a Comment
Sudah sejak tahun 2009 saya mengenal Cloud Computing  alias penyimpanan data secara online. Beberapa laanan yang saya kenal pada saat itu ialah DropBox dan google docs (kini google drive).  Beruntung pada saat itu sudah menginstall dropbox di laptop, serta mencoba menganmankan beberapa data penting ke google drive.

Walau koneksi internet beberapa tahun yang lalu masih sangat lambat dan terbatas, terutama bagi seorang mahasiswa. Saya tetap berusaha unuk mengamankan beberapa file yang ukurannya tidak terlalu besar ke layanan penyimpanan data online tersebut.

Lima tahun berselang, Laptop yang telah dipakai sekian lama ternyata menyerah di tengah jalan. Sekitar tahun 2012 mungkin laptop tersebut mulai pensiun. Pernah sekali di bawa ke tukang servis, tapi karena niatnya mau membetulkan dan bukan mengamankan data, tukang servis cuma menyarankan "Mending beli laptop baru" Karena merasa ada beberapa data yang sangat penting yang telah dikerjakan dan dikumpulkan beberapa tahun kebelakang. Maka, ada keinginan untuk membawa laptop tersebut ke tangan penyelamat data yang telah terkubur.

Alhasil, karena ada beberapa keraguan, hingga kini laptop tersebut masih terongok di kamar. Hingga pada hari ini, ketika ingin mulai menata beberapa akun penting bersama passwordnya menggunakan layanan aplikasi keepass dan tidak ingin kehilangan kembali seperti yang pernah dialami, maka saya ingin mencoba mengaitkannya dengan layanan penyimpanan data online.

Pilihan kembali jatuh ke dropbox, setelah login ke akun dropbox, sepat sedikit bingung. Ternyata udah ada isinya, dan isinya "Jreeeeng" Data-data penting saya yang telah lama dikira hilang, taunya masih terongok di sana.

Setali tiga uang, langsung deh intall kembali dropbox dengan akun baru di laptop, biar aman data-data penting yang sekarang. Bagi kawan sekalian, jika tidak ingin data pentingnya hilang, tak ada salahnya mencoba layanan penyimpanan data onliue, pastikan pilih yang aman.
 Klik untuk mencoba dropbox
Newer Post Older Post Home

0 comments: