Belajar Mengikis Kesombongan

By | 13:55 Leave a Comment
Sombong, merupakan kata yang tidak enak ditelinga kita, apabila ada orang lain yang melontarkannya di depan muka kita dengan nada yang ketus.

Dilain sisi, kata sheila on 7 dalam lirik lagu Sahabat Sejati "Kesombongan di masa muda yang indah" Hal ini memang tidak dapat dipungkiri para jiwa muda. Di masa-masa pencarian jati diri, ingin menjadi lebih diantara kawan-kawan yang lain.

Tapi taukah kita? Apabila kita bersikap sombong dengan sadar maupun baru sadar dikemudian nanti. Terkadang kita mengiris, menyinggung, menyakiti, memupuk iri hati dari orang lain.

Sombong dengan pamer biasanya merupakan satu paket khusus yang memang sudah dibundling dari pabriknya. Dimana banyak orang ingin menunjukkan atau memamerkan barang, kebolehan, penampilan, dan lain sebagainya dengan sikap lebih jumawa, tanpa memperdulikan orang lain yang mungkin akan terpicu rasa iri hatinya.

Pamer atas apapun memang sering kita lihat dalam aktivitas jejaring sosial kita. Termasuk saya sendiri, yang terkadang ada hasrat ingin segera mengupload atau memberitakan tentang sesuatu yang saya pribadi anggap hal tersebut 'wah'.

Oleh karena itu, dalam celoteh blog ini seyogyanya saya hanya mengingatkan kepada diri sendiri malalui cacatan atas apa yang selama ini pernah saya lakukan, yang mungkin diantaranya menyinggung atau bahkan menyakiti perasaaan orang lain.

Dengan tekah masuknya tahun baru 2015, dan bertambahnya usia. Sudah sewajarnya saya lebih menginstrospeksi diri lebih mendalam, dan mencoba menjadi pribadi yang memiliki pengaruh positif terhadap lingkungan sekitarnya.

“Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih adalah orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati (tawadhu’) dan apabila orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik.” (QS. Al Furqaan: 63)
Newer Post Older Post Home

0 comments: