Jenis Dan Tujuan Macam-Macam Iklan di Facebook

By | 20:45 1 comment
Menurut data yang diperoleh okezone.com dari blogs.wsj pada kuartal ke-4 tahun 2014 jumlah anggota facebook di Indonesia menyentuh angka 69 juta pengguna aktif bulanan.

Hal ini menunjukkan bahwa, meskipun banyak anggapan bahwa Facebook telah  ditinggalkan para pengguna aktifnya, tidak sepenuhnya benar. Karena, walaupun banyak pengguna Facebook yang berhijrah ke aplikasi jejaring sosial lain serta pengguna yang kini lebih banyak menggunakan aplikasi instant messaging. Facebook masih terlihat seksi sebagai media yang dapat mengumpulkan puluhan juta pengguna aktif.

Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa jejaring sosial dengan dominasi warna biru putih ini masih sangat layak sebagai media periklanan, dengan tujuan langsung penjualan atau hanya sekedar pengenalan produk kepada masyarakat pengguna Facebook

Bagi para pengiklan, tentunya harus memahami jenis-jenis periklanan yang ada di facebook, selain itu mereka juga harus mengetahui terlebih dahulu, apa tujuan utama beriklan melalui jejaring sosial ini.
Pilihan Iklan di Facebook
Berikut ini adalah macam-macam tujuan periklanan yang disediakan oleh Facebook:
  1. Promosikan Kiriman Anda: Untuk mempromosikan kiriman (update status) kepada para pengguna facebook yang menjadi target kita.
  2. Promosikan Halaman Anda: Bertujuan untuk mempromosikan halaman yang kita kelola. Periklanan gaya ini, biasa digunakan untuk meningkatkan jumlah likes.
  3. Arahkan orang ke situs web Anda: Iklan ini digunakan dengan tujuan untuk mengarahkan para pengguna facebook tertarget ke situs yang Anda bagikan.
  4. Tingkatkan konversi pada situs web Anda: Hampir sama dengan pilihan nomer 3, hanya saja pada iklan dengan tipe ini, lebih menitikberatkan kepada hasil konversi kunjungan pengunjung dari iklan ke tujuan pemilik website untuk melakukan tindakan, baik penjualan atau hanya sekedar mengisi data diri.
  5. Dapatkan pemasangan aplikasi Anda: Mempengaruhi para pengguna untuk menggunakan aplikasi Anda.
  6. Tingkatkan interaksi dalam aplikasi Anda: Meningkatkan interaksi di aplikasi yang Anda buat dan sebarkan.
  7. Tingkatkan kehadiran acara Anda: Bertujuan untuk mempromosikan acara yang akan digelar.
  8. Ajak orang untuk mengklaim tawaran Anda: Agar orang mau mengklaim atau mengambil tawaran yang Anda berikan/sebarkan.
  9. Dapatkan penayangan video: mempromosikan video yang ingin disebar luaskan.
Kesembilan pilihan di atas merupakan macam-macam iklan facebook yang ditawarkan kepada pemasang iklan dengan tujuan berbeda disetiap tipe iklan.

Selain macam pilihan dalam tujuan periklanan di Facebook. Kita juga dittawarkan berbagai macam bentuk iklan yang akan ditampilkan pada jejaring sosial tersebut, antara lain:

1. Iklan Untuk tampilan mobile smartphone. yang muncul pada timeline pengguna yang ditargetkan.
2. Iklan Facebook tampilan Laptop/notebook/Komputer Dekstop dan sejenisnya.
3. Iklan Facebook tampilan  Laptop/notebook/Komputer Dekstop dan sejenisnya untuk iklan yang tampil pada halaman Facebook sebelah kanan.
Demikianlah macam-macam pilihan jenis iklan yang ada di Facebook, semua memiliki tujuannya masing-masing. Sekarang tergantung kita yang ingin memasang iklan, apa yang menjadi tujuan utama kita dalam iklan yang akan ditayangkan. Apakah peningkatan jumlah likes halaman, menambah jumlah kunjungan ke website, menambah konversi penawaran ke 
Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. halo saya ingin memasang iklan di http://www.ekomarwanto.com/

    apa anda membuka space untuk iklan?

    jika anda menyediakannya , silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    terima kasih

    ReplyDelete