Cara Instalasi Wordpress di Localhost Dengan XAMPP

By | 22:00 Leave a Comment
Tutorial ini sebenarnya sudah cukup usang, saya belajar saat pertama kali mengenal dunia pembuatan website dengan hosting dan domain gratisan sekitar tahun 2008-2009. Namun sampai saat ini, cara ini masih digunakan untuk membuat website atau aplikasi berbasis web yang ingin ditampilkan/review terlebih dahulu dalam komputer kita (localhost).

Pada tutorial kali ini, saya akan menginstall Content Management System (CMS) berbasis Wordpress untuk membuat sebuah website. Langkah-langakahnya adalah sebagai berikut:

1. Download dan Install XAMPP terlebih dahulu.
2. Setelah proses instalasi selesai, aktifkan Apache dan MySQL dengan menjalankan XAMPP dan mengklik star seperti pada gambar di bawah ini:
3. menjalankan aplikasi XAMPP biasa mengharuskan kita mengubah User Account Control (UAC), caranya ialah dengan , klik logo windows dan ketik msconfig pada kotak pencarian, pilih Tool, setelah itu klik UAC seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik launch. Setelah itu ubahlah pengaturan UAC menjadi never notify.

4. Lakukan test localhost dengan mengetikkan "localhost" pada browser.
Tampilan Localhost
5. Download File Wordpress mealui link wordpress.org.
6. Exstract file wordpress ke directory htdoc yang berada dalam penginsalan XAMPP. jika tidak ada perubahan biasanya akan berlokasi di C:\xampp\htdocs.
7. Saatnya menyiapkan Database untuk installasi wordpress, caranya:
buka localhost/phpmyadmin, lalu klik database, setelah itu buatlah nama database kamu.
8. Setelah database dibuat, barulah kita bisa menginstall wordpress pada localhost, caranya:

  • buka localhost/wordpress (wordpress yang telah di ekstract tadi pada C:\xampp\htdocs), Nama folder wordpress dapat kita ubah sesuai dengan kemauan kita. Misalkan saya disini merubah folder wordpress menjadi Hartamamover, saat akan menginstall nanti berarti bukan localhost/wordpress yang akan diketik, melainkan localhost/hartamamover.
  • Database name, isikan dengan nama database yang sebelumnya pernah kita buat. username isikan root, untuk password kosongkan saja, database host isi dengan localhost dan table prefix tidak usah diubah. Jika berhasil akan muncul seperti gambar di bawah ini:
  • Baru kita buat judul situs, username dan passwor untuk login ke wordpress nantinya.
  • Oke, proses instalasi Wordpress selesai, silahkan test dengan membuka localhost/namafolderwordpress, contohnya punya saya: localhost/hartamamover.
Tampilannya masih sangat sederhana sekali, untuk mengubah tampilan, melakukan posting dan hal lainnya dapat dilakukan dengan login terlebih dahulu ke wordpress kita, localhost/hartamamover/wp-admin.

Untuk mengubah tampilan dan melakukan posting, akan saya berikan pada tutorial selanjutnya.
Newer Post Older Post Home

0 comments: