Cara Saya Mengubah Ukuran Banyak Foto Sekaligus

By | 01:59 Leave a Comment
Hasil sebuah gambar dari kamera poscket atau DSLR biasanya lumayan besar. Apabila banyak foto yang dihasilkan dari kamera tersebut kita ingin upload ke internet (facebook, twitter, intagram, dll) tentunya akan memakan bandwith kuota internet kita, selain itu untuk kecepatan internet standar akan memakan waktu yang cukup lama.

Saya pribadi lebih sering mengubah ukuran hasil dokumentasi dan editing foto sebelum menguploadnya ke internet. Sebelumnya saya menggunakan microsoft image manager, namun karena sekarang sudah tidak termasuk ke paket microsoft office, saya mulai mencari aplikasi/software lainnya.

Semenjak mendapatkan tugas dokumentasi dan publikasi, saya menggunakan software  Image Resizer untuk mengompres ukuran foto dengan kualitas yang sangat cukup baik. Software ini juga sangat mudah digunakan, kita hanya tinggal blok semua foto laku klik kanan dan pilih akan diubah menjadi ukuran berapa foto kita nanatinya. Selanjutnya kita tinggal menunggu prosesnya dan upload deh ke internet.

Oh iya, ada yang penting juga dalam menunya ada pilihan, hasil resize akan menimpa foto yang lama atau mau membuat file baru. Saya biasanya membuat file baru, karena hasil foto original akan tetap saya simpan yang nantinya akan digunakan untuk keperluan lain yang membutuhkan kualitas gambar foto maksimum.
Newer Post Older Post Home

0 comments: