Search Engine Marketing Demystified

By | 12:43 Leave a Comment
sumber Ilustrasi: jamesharkin.com
Tulisan ini merupakan saduran dari artikel Doug Bratman yang menjelaskan perihal perbedaan antara SEO (Search Engine Optimization) dengan SEM (Search Engine Marketing).
Demystified  yang dimaksud dalam artikel ini adalah menyederhanakan atau membuat pengertian dari SEM menjadi lebih mudah dipahami.

Bingung dengan Istilah SEO atau SEM? Berikut adalah FAQ (Frequently Asked Questions) sederhana untuk membantu Anda.

Apakah ada perbedaan antara SEO dan SEM?

Dalam dunia bisnis pada saat ini, orang sering mengira SEO dan SEM serupa. Istilah-istilah ini sering dibundel bersama sebagai metode pengukuran efektivitas bagaiman sebuah mesin pencari (Google, Bing, Yahoo Search) menganarkan audiens/pengunjung ke website mereka.

Perbedaan antara SEO (Search Engine Optimization), optimasi mesin pencari dan SEM (Search Engine Marketing), pemasaran mesin pencari akan terlihat jelas pada sebuah mesin pencari. Dimana SEO berkaitan dengan hasil pencarian organik pada halaman mesin pencari.

SEM merupakan keseluruhan kegiatan bagaimana memunculkan website Anda pada halaman pertama pada mesin pencari, bisa dengan SEO atau dengan SEA (Search Engine Advertising) dimana Anda mengiklankan website di Google dengan membayar beberapa kata kunci (keyword) yang menjadi target website agar dapat muncul pada halaman pertama, dengan ciri khas terdapat tulisan "Sponsored" atau "Iklan."
Contoh Iklan pada halaman Google
Jadi secara sederhana kita dapat mengartikan bahwa SEO adalah sebuah cara atau strategi bagaimana membawa pengguna/pencari informasi datang ke website Anda secara gratis melalui media mesin pencari. Sementara SEM melibatkan Investasi uang dalam membeli kata kunci yang menjadi target, agar website Anda dapat masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Mengapa Website Butuh SEO dan SEM?

Ketika mempertimbangkan apakah akan menggunakan SEO atau SEM, penting untuk menjaga tujuan bisnis Anda. Karena kedua metode ini memang sudah terbukti dapat menarik pelanggan, perbedaanya hanya yang satu bisa gratis dan yang satunya sudah pasti berbayar.

Adalah salah satu metode yang lebih baik dari yang lain?

Ayam atau telur? Optimasi pencarian organik atau berbayar? Intinya kedua cara ini merupakan strategi terpadu yang terus dijalankan agar website Anda dapat terus bertengger pada halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya.
Newer Post Older Post Home

0 comments: