Alat Analisis E-Commerce Yang Wajib Diketahui dan Dipelajari Digital Marketer

By | 07:30 Leave a Comment
Tes dan ukur, hal tersebut merupakan sebuah ketidakpastian yang harus dijalankan dalam semua lini bisnis, tak terkecuali dunia Digital Marketing, termasuk E-Commerce di dalamnya.

Bagi digitalpreneur dan pelaku digital marketing wajib mengetahui alat-alat pengukuran yang biasa digunakan dalam melakukan analisis data dari keseluruhan aktivitas yang terjadi pada web/aplikasinya, hal tersebut termasuk total pengunjung website, apa yang dilakukan pengunjung, dari mana datangnya pengunjung, apa alat yang digunakan pengunjung untuk mengakses website, dan masih banyak lagi parameter yang dapat dijadikan acuan untuk beberapa pengambilan keputusan kedepannya.

Sebagai seorang digital marketer setidaknya Anda harus memahami istilah-istilah pengukuran dalam dunia digital marketing, karena hampir keseluruhan tool's analisis dalam dunia digital marketing memiliki banyak kesamaan,

Langsung saja, berikut ini beberapa alat pengukuran yang digunakan banyak e-commerce besar di dunia maupun di Indonesia.
Catatan: urutan di bawah ini sama sekali tidak mengindikasikan tingkat terbaik atau terburuk, melainkan hanya untuk sususan acak semata
1.

Adobe Analytic merupakan salah satu platform yang kaya akan fitur, sepertinya alat ini memang ditujukan untuk bisnis. paket komplit dengan harga yang super mahal untuk star up.

Manfaat:
- Data pelaporan real-time
- Include analisis aplikasi mobile
- Kemampuan kustomisasi untuk pengaturan segmen dan lainnya
- Dapat melakukan analisis untuk video dan media sosial.


2. Google Analytics
Salah satu paket komplit dari Google untuk pelacakan dan pengukuran, banyak fitur yang sangat berguna dan cukup mudah digunakan. Namun dari pengalaman saya menggunakan alat ini, sering ada discrepancy (perbedaan) antara beberapa data pembanding.

Dan hal lain yang perlu diketahui teman-teman digital adalah, ternyata untuk e-commerce kelas besar Google merekomendasikan menggunakan layanan Google Analytic Premium, alias diharuskan membayar. Beruntungnya Saya pribadi pernah menggunakan Google Analytic Premium.

3. KissMetrics

Kissmetrics juga termasuk salah satu alat analisis yang populer dan banyak digunakan, digadang-gadang oleh beberapa kawan e-commerce salah satu alat analisis yang cukup komprehensif.

Masih ada beberapa alat analisis lainnya yang juga cukup populer, antara lain: RJMetrics, webtrends, piwik, RetentionGrid, Crazy Egg, dll

Alat analisis memang perlu diset-up sedemikian rupa agar sesuai dengan keinginan pengguna data. Jangan sampai alat analisis yang telah dibayar mahal hanya menghasilkan data sampah saja.

Older Post Home

0 comments: