Apa itu Conscious Capitalism?

By | 09:03 Leave a Comment

Conscious capitalism is an emerging from of capitalism that holds the potential for enhancing corporate performance while simultaneously advancing the quality of life for billions of people. The Conscious Capitalism movement challenges business leaders to re-think why their organizations exist and to acknowledge their company's role in the interdependent global marketplace.

Conscious Capitalism are enthusiastic advocates for free markets, entrepreneurship and competition. They recognize that capitalism thrives in environments that foster freedom and voluntary exchange. and, they are aware that trust, compassion, collaboration, and value-creation are essential elements of healthy functioning economies.

Nah asal comot kali ini mengambil tema yang keliatan cukup berat yah. Tentang kesadaran kapitalis dari buku yang ada di perpustakaan pribadi saya dengan judul buku “Megatrends 2010”, buku ini saya beli kalau tidak salah waktu awal-awal kuliah.

Ini kesimpulan dari berbagai karakter dari kemunculan megatrend Conscious capitalism, yaitu :

1. Bawah-atas atau bahasa kerennya bottom up, memiliki dasar yang lebar, gerakan akar rumput yang menekankan akuntabilitas dan integritas dalam bisnis.

2. Atas-bawah kebalikan dari yang nomer satu, terjalin di dalam ratusan perusahaan besar dunia.

3. Berorientasi kemakmuran, mesin penggerak kinerja finanxial yang superior.

4. Dimotori oleh investor, menarik triliun uang ke dalam berbagai pendanaan yang memiliki tanggung jawab sosial.

5. Aktivis, sarang para advokat yang berasal dari para pemegang saham sampai orang-orang yang peduli pada lingkungan.

6. Demografi, menggambarkan profil manusia dalam bisnis.

7. Konsumeris, memenangkan dukungan public yang semakin besar di tengah pasar.

8. Spiritual, manifestasi dunia nyata dari pencarian atas nilai-nilai penting dalam bisnis.

Sebagaimana digambarkan dalam daftar panjang di atas, Conscious Capitalism adalah sebuah fenomena multidimensi. Anda dapat menganggapnya sebagai kapitalisme ala stakeholder, atau menyebutnya sebagai triple bottom line, tetapi sebenarnya ada lebih dari itu dari pada yang digambarkan.

Conscious capitalism adalah matriks dinamis dari tren sosial, ekonomi dan spiritual yang mentransformasikan korporasi bebas.

Newer Post Older Post Home

0 comments: