Adiktif terbaru Selain Candu

By | 06:05 2 comments
Berapa hari sekali anda mengecek facebook dan twitter ? kemungkinan kebanyakan orang mengecek akun jejaring sosialnya itu sampai berkali-kali dalam sehari.

survei yang dilakukan oleh peneliti dari University of Chicago Booth School of Business di Amerika terhadap 250 orang. Peneliti memberi peserta sebuah software untuk memasukkan 8.000 laporan tentang keinginan sehari-hari para peserta.

Hal yang cukup mengagetkan adalah peneliti menemukan keinginan akan minuman alkohol dan rokok jauh lebih rendah dibandingkan mengecek Twitter dan Facebook. Padahal keduanya merupakan jenis kecanduan yang paling populer.

Kemungkinan seseorang untuk membuka jejaring sosial adalah karena beberapa hal, antara lain :
mengisi waktu luang
mengobrol dengan teman
mengetahui kabar teman
bermain game
bosan dengan rutinitas
dan lain sebagainya

Seiring berjalannya waktu, keinginan dan kontrol diri seseorang menjadi rendah, sehingga upaya untuk menahan godaan agar tidak membuka situs jejaring sosial lebih mungkin gagal, begitulah kata pimpinan peneliti di atas.

Bagaimana cara menangkal Jejaring sosial adiktif ini, menurut saya penangkalnya adalah dengan cara menyibukkan diri, dan melakukan aktivitas sosial yang benar-benar nyata. Bersosialisasi dengan orang lain diluar rumah.

Foto : osolihin.net
Newer Post Older Post Home

2 comments:

  1. info bermanfaat bro,,,,makasih share nya

    ReplyDelete
  2. iya sama-sma hti-hti dijalan dan jangan lupa pakai helm ya!

    ReplyDelete