Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process , dan Physical Evidence)

By | 10:52 20 comments
 Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place,  Partisipant, Process , dan  Physical Evidence)
Marketing mix (Bauran Pemasaran Jasa)

Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah marketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleads to produce the response it wants in the target market”.

Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.


Product (produk)
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Price (Harga)
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).

Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).

Promotion (promosi)
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker, 2000:7).

Media promosi yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.

Place (Saluran Distribusi)
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai
industri.

Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi memperli hatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.

People (Partisipan)
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun
penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception, dokter, dan beauty therapis.

Process (Proses)
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.

Physical evidence (Lingkungan fisik)
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).

Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha (jasa yang bertempat/salon/spa/warnet) diantaranya adalah kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen.

Referensi :
*sudah dicantumkan di setiap teori di atas, coba di tengok lagi^^
Newer Post Older Post Home

20 comments:

  1. makasih ya info nya , manfaat banget buat saya yang lagi belajar pemasaran

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat Teman. Thanks ya... ^^

    ReplyDelete
  3. Pengertian Marketing Mix sekarang sudah menjadi 7P seiring dengan perkembangan zaman, tidak seperti dulu yang masih 4P.

    ReplyDelete
  4. Marketing Mix 7P, umumnya dipakai pada perusahaan-perusahaan jasa dan biasanya ditambah dengan 4C (Costumer Solution, Customer Cost, Convenience and Communication).

    ReplyDelete
  5. Marketing Mix 7P, umumnya dipakai pada perusahaan-perusahaan jasa dan biasanya ditambah dengan 4C (Costumer Solution, Customer Cost, Convenience and Communication).

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mas atas informasi mengenai marketing mix nya. Informasinya sangat berharga. Saya juga membahas mengenai Marketing mix di blog saya. Bila berkenan silahkan bisa berkunjung di Marketing Mix hasil rangkuman saya.

    ReplyDelete
  7. Dear Pak Abaya
    bisa dapat dijelaskan unsur 4c tadi pak ?
    atau saya dapat membacanya dibuku mana untuk yang 4c itu ?

    ReplyDelete
  8. iya pak abhaya selamat malam. saya mau menanyakan unsur2 nya.

    ReplyDelete
  9. Dalam melakukan marketing itu sendiri 7P yang saling berhubungan dengan yang lainnya untuk meningkatkan penjualan juga

    http://www.marketingkita.com/2017/08/pengertian-merchandiser-modern-dalam-ilmu-marketing.html

    ReplyDelete
  10. Terimakasih ya... luarbiasa penjelasannya ..😚😘

    ReplyDelete
  11. Klo boleh tau penjelasan ini ada di halaman berapa ya? Saya ingin tahu

    ReplyDelete
  12. Informasinya sangat membantu, jadi evaluasi thdp perusahaan dan peningkatannya, sangat menginspirasi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  13. THANKS artikelnya, bermanfaat.
    tambah 1P lagi. PRAY. . . ^^

    ReplyDelete
  14. thanks eko u've got my respect

    ReplyDelete