Mengatasi Blog Yang Terkena Negative SEO

By | 08:57 1 comment

Berikut ini tips bagaimana caranya mengetasi blog atau website yang terkena negative SEO (Search engine optimization). Bagi anda blogger yang blognya terkena negative SEO anda boleh membiarkannya dan tetap nge-blog seperti biasa, sama seperti blog saya ini yang pernah terkena negative SEO, karena efeknya hanya mengenai url-url tertentu saja yang menjadi target pelaku negative SEO.

Namun bagi anda seorang publisher atau penyedia jasa layanan SEO pastinya menjadi suatu musibah jika blog atau website milik anda maupun milik klien anda terkena serangan negative SEO. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara mengatasinya, ilmu ini saya dapat dari ebook Negative SEO Nemesis karya Dan Wardrope dalam bahasa inggris.

Pertama-tama saya berikan sedikit penjelasan tentang negative SEO terlebih dahulu. Negative SEO adalah kegiatan seseorang dengan menggunakan strategi Black Hat (cara yang dilarang) dalam optimasi SEO terhadap website pesaing. Caranya dengan membuat backlinks sebanyak mungkin yang tidak relavan terhadap situs target negative SEO. Sehingga google menghukum situs tersebut dan akhirnya situs tersebut terpental dalam Search engine result page. Atau cara lainnya dengan melaporkan situs tersebut kepada google webmaster central, bahwa situs target tersebut merupakan situs spam.

Apakah strategi negative SEO berhasil ? ya, menurut buku dan berhasil dan ada contohnya disana. menurut pengalaman pribadi saya, blog saya ini juga berhasil dikerjai orang dengan cara ini. setelah saya cek di ahref.com ternyata banyak sekali backlinks dari situs2 aneh yang mengarah ke link tertentu di blog saya ini. Nah bagaimana cara mengatasinya?

1. Tempel Ketat Google
Maksudnya adalah update terus informasi anda tentang algoritma google, dan perbarui selalu informasi anda mengenai ilmu SEO. Patuhi setiap aturan google yang ada pada webmaster guidlines. Jangan buat google mencurigai blog anda sebagai blog spam. Dengan menempel ketat google dan menggunakan jurus-jurus baik sepenuhnya, nantinya akan mempermudah anda dalam mengadukan aktivitas aneh yang terjadi pada blog anda yang berdampak pada hasil pencarian di google. Update informasi anda melalui beberapa situs ini :


webmaster central blog (blog resmi google)
searchenginewatch.com
searchegniegenie.com
searchengineland.com
www.potpiegirl.com
http://www.jonathanleger.com/
http://www.seomoz.org/blog, dan lain-lain

2. White Hat Selalu
Berusahalah untuk senatural mungkin, berikut ini beberapa strategi yang biasa digunakan oleh para praktisi SEO sebelum adanya update algoritma google panda dan google penguin : Paid Links, Content Scraping, Fake Crawling, Nasty Back Links, False Reviews, massive comment links, dan lain sebagainya. Strategi ini masih diperhitungkan oleh google atau sama artinya dengan backlinks masih penting dimata google namun anda harus melakukannya senatural mungkin.


3. Pertimbanan lain
pertimbangan lain adalah : mengganti konten anda pada link yang ditarget oleh pelaku Negative SEO, Jika memang sudah tidak memungkinkan untuk memperjuangkannya anda harus mempertimbangkan untuk meninggalkannya sama sekali dan membuat situs baru, dan pertimbangan lain adalah dengan mengejar kata kunci alternatif (tidak berlaku untuk kontes SEO tentunya).

Negative SEO mungkin memang telah lama ada, dengan berbagai cara sesuai dengan perubahan algoritma google. Hal terbaik dalam mencegahnya adalah dengan selalu menggunakan teknik White hat terhadap blog/website anda. Sehingga jika dikemudian hari anda diserang, anda dapat melaporkan masalah ini dan meminta pertimbangan google.
Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. Wah ini seperti yang saya alami pada website yang saya kelola maslevi_7016@yahoo.co.id, mana website buat usaha lgi, hmmm

    ReplyDelete