Bisnis Perawan

By | 06:48 Leave a Comment
Sebenernya dari dulu pingin banget nulis soal perawan ini, soalnya banyak juga waktu itu komentar tentang gudangupil. Tulisan yang akan dihadirkan ini, diadaptasi dari buku Brand Leadership karangan David A.Aaker dan Erich Joachimsthaler. Kawan pembaca diharap tidak mengartikan judul secara saklek, anggap saja seperti judul angin berbisik yang dapat diartikan sesuai persepsi penikmat seni.

Pada tahun 1970, Richard Brandson bersama dengan beberapa rekannya mendirikan Virgin Records, sebuah perusahaan rekaman kecil di London yang diikuti oleh toko retailnya pada tahun 1971 di Oxford. Mereka milih nama Virgin karena dianggap mencerminkan kondisi mereka saat itu yaitu usia muda dan kurangnya pengalaman dunia bisnis. Dalam waktu 13 tahun, perushaan berkembang dan mengembangkan jaringan toko rekaman dan menjadi perusahaan label independen terbesar di Inggris dengan menggandeng beberapa artis ternama seperti Phil Collins, Sex Pistols, Mike Oldfield, Boys George, dan Rolling Stones. Pada tahun 1990 an bisnis retail ini tumbuh menjadi beberapa ratus toko Virgin di seluruh dunia

Pada tahun Februari 1984, seorang pengacara muda mengajukan proposal kepada Richard Brandson untuk memulai maskapai penerbangan baru. Dewan direksi menentang ide tersebut, namun Richard memiliki persepsi lain. Ia percaya bahwa pengalaman perusahaan dalam bidang hiburan dapat memberikan nilai tambah pada bisnis penerbangan. Menurutnya, ia memiliki anggapan bahwa industri penerbangan tergolong membosankan, Ia terpacu untuk membuat perusahaan yang attraktif dan menawarkan kesenangan pada pengalaman selama terbang.

Virgin juga menawarkan value untuk setiap produk yang dikeluarkan. Perusahaan mencoba untuk menyediaan semua kelas penerbangan denga kualitas terbaik dengan biaya minimal. Pada tahun 1997, Virgin Atlantic Airways telah melayani 30 juta penumpang dan penjualannya sendiri mencapai 3.5 milyar dollar dan menjadi pemain kedua dalam industri penerbangan

Kesuksesan Virgin adalah hasil dari buah pemikiran dan insting Richard Brandson, Richard memilih untuk masuk ke dalam industri penerbangan, memiliki visi jangka panjang, kualitas dan kewirausahaan dari tim manajemen, dan peruntungan yang baik. Dan didukung oleh value dan asosiasi dari core brand Virgin yaitu kualitas jasa, inovasi, kesenangan, dan value for money.

Model bisnis Virgin sendiri terkesan blak-blakan. Perusahaan masuk ke dalam pasar yang telah penuh dengan persaingan dengan karakter pasar yang penuh dengan birokrasi dan tidak responsive pada permintaan konsumen. Sementara Virgin dipersepsikan sebagai maskapai underdog yang peduli, berinovasi, dan menyampaikan alternative yang menarik pada konsumen.

Merek Virgin dipersepsikan lekat dengan inovasi pelayanan dan nilai serta aksi dari Richard Branson. Virgin dianggap memiliki rasa humor yang tinggi, sosok underdog yang menyerang pemain mapan, dan memiliki kompetensi tinggi dengan kualitas pekerjaan yang baik didukung standar yang tinggi. Virgin memiliki karakter tersendiri yang beda dengan yang lain. Karakter perusahaan kuat tertancap di benak banyak konsumennya di banyak negara.

Kadang untuk masuk pada pasar yang telah stabil dan stagnan, pemain baru harus membawa keunikan yang berbeda dari para pemain di pasar yang dituju. Kekontrasan menjadi hal yang penting sehingga konsumen merasakan diferensiasi yang dimiliki perusahaan dibanding pesaingnya. Value yang ditawarkan juga berbeda dan memiliki karakter tersendiri.
Newer Post Older Post Home

0 comments: