Pelajari Bisnsi Keuangan CitiBank

By | 06:35 Leave a Comment

Bank kota New York membuka bisnisnya pada tanggal 16 Juni 1912 dengan modal sebesar 2 milliar dollar. Pada awalnya bank ini didirikan untuk menyediakan pelayanan finansial pada pedagang lokal di Kota New York yang sangatg membutuhkan pembiayaan. Perkembangan kemudian, Bank Kota New York telah menjelma menjadi merk global yang dominan. Bank ini kemudian berganti nama menjadi Citibank pada tahun 1976 dengan perusahaan induk bernama Citicorp. Dan merubah industri perbankan Amerika pada tahun 1977 dengan Citicard Banking Centers, yang merupakan pelayanan yang mudah digunakan dan ATM yang fleksibel. Pada waktu yang sama Citibank meluncurkan program pemasaran yang melegenda bernama “The CITI never sleeps”.

Citibank melanjutkan tradisinya dengan menyediakan inovasi teknologi pada industri perbankan konsumen pada tahun 1980 an dengan mengenalkan ATM touch screen. Untuk memastikan posisi dominan pada pasar, Citigroup dan Travelers melakukan merger menjadi Citigroup pada 6 April 1988. Merger ini menjadikan Citigroup institusi finansial yang mencapai 1 triliun dollar pertama di dunia. Brian Ruder, executive vice president yang menangani aktivitas branding Citibank mengatakan bahwa branding adalah ikatan emosional antara retailer dan konsumen. Disney diartikan sebagai kesenangan pada benak orang. Nike diasosiasikan sebagai atletis dan Coke adalah penyegar. Sedangkan Citibank sebagai aspirasi. Citibank teraspirasi menjadi lebih dari sekadar bank, dimana hal ini dituangkan ke dalam satu merek.

Bagi Brian, merek adalah janji dimana janji tersebut tercermin pada aktivitas harian. Untuk memastikan perusahaan berjalan sesuai janji, kita harus mengintegrasikan standar merek yang artinya Citibank harus mengintegrasikan kualitas pada setiap interaksi dengan konsumen. Ruder menganggap merek adalah suatu makhluk hidup dan orang-orang dalam organisasi sebagai aliran darahnya. Untuk memastikan brand terserap pada setiap karyawan, Citibank bahkan membuat Brand Book yang diberikan pada setiap karyawan. Dengan buku ini, Citibank memastikan konsistensi brand baik eksternal dan internal. Setiap karyawan Citibank menjadi brand manager dan menjadi perwakilan dari citra perusahaan. Hal ini membutuhkan pemahaman dan komitmen dari setiap karyawan untuk menjaga agar merek selalu tetap relevan, berbeda, menawarkan kualitas baik, dan meraih kepercayaan konsumen.

Selaras dengan merknya, Citibank menjadi merek yang tidak pernah tidur dimana mereka selalu berkelanjutan untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengintegrasikan dari visi dan doktrin brand strategy.

Artikel ini diadaptasi dari  buku The Brand Mindset karangan Duane E. Knapp
Newer Post Older Post Home

0 comments: