Sejarah Perkembangan Iklan Online

By | 06:04 Leave a Comment
Iklan online adalah media iklan paling cepat berkembang dalam sejarah. Sekarang, seolah hari-hari kita tidak terlepas dari hinggapan iklan online, walaupun kita terkadang tidak menyadari keberadaan iklan tersebut. Seperti iklan yang ada pada tampilan facebook di komputer yang ada di samping kanan, terkadang kita benar-benar tidak menyadari jika facebook menyisipkan iklan di tempat tersebut.

Iklan-iklan yang tampil dengan warna-warni yang menonjol maupun iklan pop-up banner yang mengganggu banyak di benci orang, iklan banner flash kotak juga terkadang dibenci orang, karena membuat loading website menjadi lambat, terutama bagi mereka yang memiliki konektifitas internet lambat.

Spamming - Bentuk awal Periklanan Online
Internet sengaja dibuat sebagai alat militer dan pendidikan, dan tidak pernah dimaksudkan untukmenjadi sebuah jaringan besar seperti sekarang: sebuah jaringan besaryang terkomunikasi dapat menjadi sebuah mesin uang bagi mereka yang memiliki ide kreatif dan menjual.

Dengan demikian, 'spam' pertama tidak komersial. Karena kata 'Spam' berasal dari sebuah komedi tahun 1970-an dari sebuah komedi Inggris 'Monty Python'. Dalam sketsanya, seorang pria dan istrinya berada di sebuah restoran, tetapi segala sesuatu yang mereka pesan terdapat spam di atasnya. Ketika mencoba untuk mendapatkan pesanan tanpa spam, orang-orang yang menggunakan topi viking malah bernyanyi:‘Spam, spam, spam. Lovely, spam. Wonderful spam!’
Berikut ini adalah Video Komedi Situasi tersebut:
Fenomena ini kemudian mempengaruhi para pengguna internet terdahulu untuk membanjiri forum-forum dengan kata spam. Para pemasarpun mendapatkan inspirasi untuk menyebarkan email atau mengaitkan sebuah iklan kedalam pesan. Ada yang frontal mengirim pesan spam, adapula yang mengirim berita/artikel/pemberitahuan penting yang disisipi iklan.
Email spam pertama adalah 'Arpanet' pada 1978, yang berasal dari Gary Thuerk dari Digital Equipment Corporation. Spam komersial pertama adalah oleh pengacara Laurence Canter & Martha Siegel, di mana mereka menggunakan Usenet posting massal untuk mempromosikan praktek hukum mereka. Dalam beberapa tahun, pemasar mengubah media mereka, spamming dari forum Usenet ke e-mail, dan sampai hari ini. Lebih dari 90 juta email spam yang dikirim setiap hari. 85% dari email kita sebenarnya spam. Padahal tingkat efektivitas dalam mempromosikan atau menjual produk sangat rendah, sekarang nyaris tidak ada karena semua orang telah mengetahui apa itu email spam.

Era Iklan Banner
Iklan online muncul di web pada tahun 1994. Bagian pertama adalah masa percobaan oleh pengiklan dan penerbit, perintis pada format iklan dan teknologi. Pada tahun 1995, DoubleClick diluncurkan, salah satu penayangan iklan teknologi pertama yang kemudian pada tahun perkembangan google perusahaan ini diakuisisi oleh raksasa mesin pencari tersebut.

Foto di atas adalah salah satu iklan banner online tertua, tanggal 25 Oktober 1994 (jadi maaf klo emang burem). Pengiklan adalah A & T, dan iklan muncul di hotwired. Hotwired juga meluncurkan kampanye iklan online banyak untuk Club Med, Volvo dan MCI, dan akhirnya diakuisisi oleh Lycos. Segera setelah Hewlett-Packard menciptakan salah satu iklan online interaktif, munculah embedding 'Pong' arcade video game dalam iklan.

Dari pengiklan awal sudah tahu bahwa iklan online sangat berbeda dari iklan tradisional. Awal mereka sudah melakukan riset pasar sasaran dan pengukuran. Walau masih banyak media lain yang salah memahaminya, namun lambat laun pemahaman terhadap perbedaan iklan online dengan iklan offline tertangkap jelas oleh para pelaku dunia periklanan.
Ada banyak bentuk iklan online tampilan jadul selain dari iklan banner. gambar di atas termasuk iklan pop-up, pop-under iklan, arahkan iklan, dan iklan pengambilalihan.

Iklan online mencapai puncaknya di akhir 1990-an. Investor menggelontorkan miliaran dolar ke para pemain pemula bisnis dot com pada tingkat yang mengkhawatirkan. Internet adalah lapangan bermain yang baru, dan investor jatuh cinta dengan faktor kebaruan itu. Mereka memiliki harapan yang tinggi untuk investasi mereka-dan itu membuat beberapa orang yang sangat kaya-di atas kertas, namun hancur lebur beberapa waktu kemudian.
Zaman dulu penyedia iklan menyediakan tampilan banner iklan 468 standar x 60 p, setelah ribuan pengusaha, investor dan pengiklan berdatangan, yang seolah tak ingin ketinggalan ini, ikut memasang merek mereka dalam banner iklan. Yahoo! dahulu bisa mengenakan tarif US $ 30 sampai US $ 100 pemasangan iklan banner. Pada puncaknya, belanja internet telah mencapai US $ 8,2 miliar. Angka tersebut tidak akan tercapai lagi sampai 4 tahun kedepannya setelah ledakan kekacauan gelembung dot com.
Namun, Akhirnya para pemasang iklan menyadari jika iklan banner tidak efektif, sangat mahal tapi pengembaliannya rendah. Para pengiklan menyadari bahwa iklan banner online suram dibandingkan dengan efektivitas 30 detik TV komersial atau iklan cetak satu halaman penuh.

Keruntuhan Bisnis Dot Com harus kita pahami secara seksama, karena tidak seutuhnya dikarenakan internet itu sendiri, melainkan karena ketidak pahaman para pebisnis gaptek pada saat itu, yang mencoba ikut dan menarik diri kemudian setelah bosan mencoba tanpa hasil. Pasar saham runtuh, sehingga menjadi resesi. The 'bubble' tertutup selama lima tahun dari tahun 1995 sampai 2000. Dari dalam jangka waktu tersebut nilai saham naik dengan mantap dan cepat pada tingkat astronomi. Dan kemudian tiba-tiba hanya dalam satu hari, gelembung meledak-semuanya hilang dalam sekejap.

NASDAQ memuncak pada 5.049 pada bulan Maret 2000, dan menurun pada Oktober 2002 di 1.100. Satu satu dot com perusahaan demi satu bangkrut. Segera dolar-dolar dari iklan online telah jatuh secara dramatis sebanyak 32%, dari US $ 8,2 miliar menjadi US $ 6,2 miliar. Karena para pengusaha yang mencoba ikut meramaikan usahanya melalui iklan online tidak menemukan hasil.

Google: Era Baru Periklanan di Internet
Setelah gelembung pecah, iklan di internet berada dalam kemunduran yang cepat, kecuali untuk pencarian dengan menggunakan beberapa mesin pencari yang tersedia pada saat itu, karena teknologi mesin pencari telah menunjukkan efisiensi. Pasar mesin pencari tumbuh menjadi US $ 2,3 miliar pada tahun 2003. Teknologi mesin pencari adalah sangat efisien dan dapat diandalkan.

Google yang terus berusaha memperbaiki diri, menyempurnakan algoritma untuk menghasilkan hasil yang paling tepat. Mendapatkan lalu lintas pengunjung yang tinggi, namun tidak menjual apa-apa dan bingung bagaimana mengkonversi pengunjung tersebut menjadi uang. Tapi di awal milenium, 2000, Google AdWords lahir. Google merevolusi iklan online-daripada menggunakan format iklan banner, yang merupakan format iklan yang dominan waktu itu, mereka memutuskan untuk menjual melalui iklan teks. Iklan ini didasarkan pada mesin pencari, disimpan terpisah dan di atas atau di samping hasil pencarian utama.

Mengapa iklan teks Google berhasil dan iklan banner tidak? Pertama-tama, Google tahu mengenai relevansi pencarian dengan hasil yang di inginkan orang.rang berfokus dalam menciptakan konten yang relevan bagi konsumen.

Iklan menggunakan dua model iklan yang berbeda: Pay-per-klik dan Pay-per-tayangan. Apa perbedaan antara keduanya? Bayar-per-klik mengharuskan pengiklan untuk membayar tuan rumah untuk setiap kali iklan diklik. Bayar-per-tayangan digunakan untuk mengukur biaya dan nilai dari kampanye pemasaran yang menyeluruh secara online. Kedua model digunakan untuk iklan online seperti link teks, pemasaran SEO, spanduk web dan e-mail iklan.

Jadi, iklan yang ditayangkan di google akan dimunculkan pada halaman hasil pencarian tergantung relevansi iklan dengan keyword/kata kunci yang di cari orang penggunanya. Iklannya pun tampil dengan warna dan posisi yang berbeda dibandingkan dengan hasil pencarian natural, selain iklan itu, google juga memasang iklan pada mail.google.com, dan jaringan publisher atau media massa maupun personal yang bekerjasama dengan program google yang bernama goole Adsense.

Iklan melalui Media Sosial

1. Jaringan Sosial Tools - Facebook, Twitter, Hi-5
2. Sosial Berita - Reddit, Digg Propeller
3. Sosial Foto & Video Sharing - Photobucket, Flickr, YouTube
4. Social Bookmarking - Del.icio.us, Simpy

Salah satu keuntungan terbesar dari iklan media sosial yang tepat sasaran pasar melalui penggunaan informasi demografis pengguna yang telah disediakan 'disediakan.

Iklan online Saat ini
Sejak tahun 2004 iklan online telah pulih. Pengiklan telah melihat pentingnya iklan online, dan jumlah konsumen per-jam yang menggunakan internet. Sekarang web digunakan oleh banyak perusahaan pada kampanye pemasaran mereka secara keseluruhan. Iklan online menggunakan Flash dan JavaScript untuk meningkatkan grafis dan interaktivitas. Iklan online sekarang lebih canggih, alat branding dan teknologi yang beragam. Sekarang ada blog online, media sosial, SEO dan banyak lagi.

Iklan lain saat ini yang juga maknyuzz adalah Viral marketing dengan memanfaatkan iklan video untuk memasarkan produk atau merek. Setelah youtube dibeli google, media ini menawarkan berbagai macam iklan. Namun selain iklan yang dipasang di google kita juga sebenarnya dapat membuat iklan sendiri yang unik dan lucu serta menyebarkannya kebanyak teman, dan teman lainnya yang melihat membagikannya juga ke teman-teman lainnya, sehingga secara otomatis tercipta viral marketing tanpa membayar biaya iklan sedikitpun.

bagaimana format iklan online selanjutnya? mari kita nantikan bersama!

Jadi, akan gelembung internet itu meledak lagi? kita berharap hal itu tidak akan pernah terjadi lagi. karena kini jutaan orang mengandalkan internet untuk iklan, promosi, usaha dan menyediakan lapangan kerja. Namun, satu hal yang jelas, kita telah belajar banyak dari gelembung pecah yang pertama. Hanya waktu yang akan memberitahu akankah ada gelembung-gelembung lainnya.
Newer Post Older Post Home

0 comments: