Digital Marketing Channel Yang Kita Sama-Sama Rasakan Masih Efektif di Tahun 2017

By | 21:27 Leave a Comment
Menjelang semester pertama di tahun 2017, menyambut bulan suci Ramadhan, sudah banyak sekali perubahan di dalam dunia digital marketing. kita-kita yang merasa sudah digerus umur harus tetap memahami pondasi utama tujuan dari aktivitas digital marketing, sehingga dengan lahirnya banyak channel. platform baru, beragam bentuk model penayangan iklan (banner, mesin pencari, pop up, video dll) kita masih tetap memiliki insting sebagai seorang digital marketer, channel mana yang dapat men-drive traffic berkualitas hingga dapat menghasilkan konversi (pendaftaran, penjualan, data pelanggan, dll).

Pada penghujung tahun lalu, pertanyaan dari para digital marketer Indonesia mungkin "Channel Digital Marketing Apa Yang Paling Efektif di Tahun 2017?" seiring berjalannya waktu, dan perkembangan pemasaran digital yang dipaksa harus melakukan A/B testing, pertanyaan selanjutnya adalah "Channel Digital Marketing Mana Yang Masih Efektif di Tahun 2017?".

Berapa Jumlalh Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2017? Ngapain Mereka di Internet?

Jika pertanyaan di atas dapat di jawab, nantinya kita dapat melakukan analisa lebih mendalam lagi, mengenai segmen, umur, jenis kelamin, strata sosial ekonomi, dll. Channel dapat dikatakan efektif jika user (pengguna) pada channel tersebut merupakan pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan,


Dari hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 132 Juta atau menyentuh 50% dari total penduduk Indonesia dan Saya pribadi yakin angka ini akan terus berkembang dengan pesat, mengingat banyak orang tua yang penasaran dan ingin belajar berbagai platform komunikasi yang menggunakan internet (Whatsapp, Facebook, Instagram, Line, Path, dll).

Komposisi Pengguna Internet di Indonesia Berdasarkan Usia, APJII 2016

Komposisi Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Berdasarkan Konten & Platform, APJII 2016
 Effektiveness Digital Marketing Channel Berbayar dan Organik
Sumber Data: smartinsights.com
Dari data-data yang telah dipaparkan di atas, sedikit banyak kita dapat mengambil kesimpulan. Digital Marketing Channel yang efektif dapat kita lihat dengan sedikit gambaran kasar dari data di atas. Namun, semua kembali lagi dari produk dan jasa yang akan di tawarkan dan pasar mana yang akan ditargetkan.

Ada tiga tujuan besar dari aktivitas pemasaran dan periklanan di internet, yaitu: awarness & keterlibatan pengguna, direct sales & lead generation atau kedua dari tujuan itu, menjangkau sebanyak pengguna dan menghasilkan konversi.

Bagi anda pelaku bisnis atau seorang digital marketing pastinya merasakan tantangan utama pelaku pemasaran digital di Indonesia adalah terbatasnya dana, kemampuan, serta adanya jurang pemisah dalam ketersediaan sumber daya, ada baiknya kita mecari sumber insight terpercaya dari beberapa publikasi di internet, atau dapatkan data tersebut, serta peramalan dan perencanaan aktivitas digital marketing dari Konsultan internet marketing di Indonesia. #KodeKeras.
Newer Post Older Post Home

0 comments: