Masalah dan Analisis Ekonomi

By | 23:58 Leave a Comment
Masalah ekonomi terjadi dari mulai pribadi, keluarga, masyarakat, negara, hingga internasional. Hal tersebut timbul karena ktidakseimbangan diantara keinginan manusia untuk mendapatkan barang dan jasa dengan kemampuan faktor-faktor produksi yang menghasilkan barang dan jasa tersebut.

BEBERAPA MASALAH POKOK DALAM PEREKONOMIAN
Kegiatn ekonomi dalam suatu masyarakat modern adalah kompleks. Kegiatan tersebut meliputi berbagai jenis kegiatan produksi,konsumsi ,dan perdangan.Berdasarkan kepada corak nalisis dalam ilmu ekonomi,ahli – ahli ekonomi telah dapat membagikan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi suatu masyarakat kepada tiga persoalan pokok ,yaitu:
1.Apakah barang dan jasa yang harus diproduksi?
2.bagaimanakh caranya memproduksi brang dan jasa tersebut?
3.Untuk siapakah barng dan jasa tersebut di produksi?

MENENTUKAN BARANG DAN JASA YANG HARUS DIPRODUKSI
Barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu prekonomian adalah sangat banyak jenisnya,yaitu dari barng yang sangat sederhana (misalnya beras dan tape) kapada barang yang sangat kompleks (misalnya kapal terbang).Masalah yang pertama ini adlah akibat langsung dari pada ketidakmampuan sumber _ sumber daya yang tersedia untuk memproduksi semua barang yang dibutuhkan masyarakat.

MENENTUKAN CARA BARANG DIPRODUKSI
Dalam memikirkan masalah efisiensi kegiatan memproduksi,yang harus dipikirkan tidaklah terbatas hanya kepada masalah efisiensi dari segi teknik.Penggunaan teknik yang paling up to date belum tentu menghasikan keuntungan lebih besar.Faktor lain yang perlu diperhatikan adalahbesarnya jumlah permintaan. Apabila permintaan sangat besar maka penggunaan teknik yang sangat modern akan menaikan efisiensi.

MENENTUKAN UNTUK SIAPA BARANG-BARANG PRODUKSI
Masalah selanjutnya yang harus dipirkan masyarakat adalah bagaimanakah pendapatan keseluruhan masyarakat didistribusikan kepada berbagai golongan dan individu dalam masyarakat itu.
Kalau pendapatan individu-individu didasarkan kepada pembayaran untuk faktor-faktor produksi yang mereka miliki dan mereka tawarkan, maka masalah ketidakseimbangan dalam distribusi pendapatan akan timbul.

BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI
Dengan pertolongan grafik dapatlah ditunjukan dengan lebiih jelas persoalan-persoalan yang dihadapi suatu perekonomian.
Grafik yang dimaksud adalah batas kemungkinan produksi atau kurva kemungkinan produksi

BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI DALAM RANGKA
Dua langkah perlu dibuat untuk menentukan batas kemungkinan produksi.
Pertama adalah membuat beberapa permisalan atau asumsi mengenai keadaan yang berlaku dalam perekonomian.
Kedua adalah membuat contoh angka mengenai tingkat produksi yang akan dicapai.

BEBERAPA PERMISALAN YANG DIGUNAKAN
Dalam menerangkan batas kemungkinan produksi dan kurva kemungkinan produksi perlu digunakan beberapa permisalan penyederhanaan berikut :
1.Semua faktor produksi sepenuhnya digunakan.
2.Jumlah faktor-faktor produksi tidak dapat ditambah.
3.Tingkat teknologi tidak mengalami perubahan.
4.Dalam perekonomian tidak mengalami perubahan.
5.Biaya kesempatan semakin meningkat.

TINGKAT PRODUKSI YANG DAPAT DICAPAI
Berdasarkan permisalan di atas sekarang telah dapat ditunjukan suatu gambaran hipotesis mengenai mengenai gabungan barang industri dan pertanian yang mungkin dihasilkan oleh berbagai gabungan faktor produksi yang digunakan.

KURVA KEMUNGKINAN PRODUKSI
Batas kemampuan suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa akan dapat dengan lebih jelas lagi ditunjukan dengan menunjukan grafik yang menunjukan jurva kemungkinan produksi.

SISTEM-SISTEM PEREKONOMIAN
Berbagai perekonomian yang ada di dunia ini diorganisasikan secara berbeda-beda. Bentuk organisasi perekonomian tersbut sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai kebudayaan, pandangan politik dan ideology ekonomi dari masyarakat tersebut.

SISTEM PASAR BEBAS ATAU LAISSEZ-FAIRE
Dalam teori ekonomi dan dalam keadaan yang sebenarnya sistem pasar bebas atau system laissez-faire merupakan sistem ekonomi paling ideal.
Arti Laissez-Faire
Yaitu “biarlah mereka melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka”.

Apa yang perlu dihasilkan?
Maksud ungkapan ini ialah: Para penjual harus melayani para pembeli dengan baik dan keinginannya dipenuhi. Dengan cara ini penjual akan meningkatkan penjualan dan keuntungannya.

Bagaimana cara memproduksi barang yang diminta masyarakat?
Untuk menghasilkan barang dan jasa, para pengusaha memerlukan faktor-faktor produksi yang terbatas jumlahnya dan pengusaha harus membayar untuk menggunakannya. Untuk memaksimumkan keuntungan dalam kegiatannya, para pengusaha harus menggunakan faktor-faktor produksi secara efisien.

SISTEM EKONOMI CAMPURAN
Di samping menyadari kebaikan-kebaikannya, sejak lama ahli-ahli ekonomi telah menyadari pula bahwa mekanisme pasar mempunyai beberapa kelemahan dan menimbulkan kepincangan dalam masyarakat. Kelemahan dan kepincangan tersebut mendorong pemerintah untuk melakukan campur tangan dalam perekonomian.
Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah tetapi masyarakat masih mempunyai kebebasan yang cukup luas untuk menentukan kegiatan-kegiatan ekonomi yang ingin mereka jalankan.

SISTEM EKONOMI PERENCANAAN PUSAT
Sistem ekonomi ini dipraktekkan di negara-negara komunis yang wujud hingga awal tahun 1990an. System ini merupakan sistem ekonomi dimana pemerintah sepenuh-penuhnya menetukan corak kegiatan ekonomi yang akan dilakukan. Ini berarti pemerintahlah yang akan menjawab dan menyelesaian masalah ekonomi pokok yang pertama, yaitu”Barang apakah yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya?”. Oleh karena perencanaan itu meliputi hampir semua aspek kegiatan ekonomi maka perekonomian tersebut dinamakan juga sebagai “command economy” atau perekonomian yang kegiatannya diatur oleh pemerintah dari pusat.
Newer Post Older Post Home

0 comments: