Check-list Untuk Memperkuat Komunitas Melalui Kegiatan Offline #42 dan #43

By | 09:09 Leave a Comment
netsquared.org

Susan Fournier dan Lara Lee lagi nih, sekarang gimana cara memperkuat komunitas melalui kegiatan offline, ada 9 inspirasi yang telah digali, antara lain:

Pertama, disebut dengan The Tribe.  Inilah grup inti yang ada dalam sebuah komunitas.Tanpa grup ini, sebuah komunitas akan kehilangan identitas. The Tribe ini adalah sekelompok anggota yang tidak terlalu banyak, tapi benar-benar punya deep interpersonal connections yang terbentuk karena pengalaman, ritual, dan tradisi bersama.

Di zaman dahulu kala, bahkan sebelum Revolusi Pertanian, orang memiliki sifat nomaden.  Mereka pindah dari satu tempat ke tempat lain. Begitu sampai di satu tempat, mereka membuat suatu tempat tinggal bersama.  Di situlah, keluarga mereka bermain bersama, makan bersama, dan melakukan ritual bersama. Mereka juga merancang bersama bagaimana berburu binatang dan mengambil buah-buahan yang ada di sekitarnya. Kalau habis, mereka akan pindah lagi ke tempat lain.

Grup inti ini ada karena selalu berkumpul, memiliki rasa yang sama, sehingga terjadi connect antara satu dengan yang lain.

Kedua, The Fort adalah tempat eksklusif untuk anggota merasa aman dan terlindungi. Maksudnya basecamp gitu deh, klo online terus tetep juga kan ada basecampnya di forum, apalagi klo offline, jadi harus ada basecamp untuk setiap komunitas.

Ketiga,The Sewing Circle adalah tempat untuk orang-orang yang punya minat sama untuk saling support. Saling dukung, klo ada yang lagi lemes bantu genjot anggota komunitasnya.

Keempat, The Patio atau tempat semi-private yang memfasilitasi in-depth and meaningful connection.

Kelima adalah The Bar, yaitu tempat publik yang bisa dipakai untuk melakukan konektivitas walaupun tingkatnya rendah.

Keenam, The Tour Group.  Ini adalah menggalakkan partisipasi anggota komunitas keluar dari sarangnya. Tujuannya, untuk mengalami suatu perjalanan bersama dan untuk menjalani suatu experience bersama. Sehingga ada tantangan lain supaya para anggota komunitas semakin saling mendukung.

Ketujuh,The Performance Space.  Ini adalah suatu tempat yang diadakan supaya anggota komunitas bisa menunjukkan kebolehannya. Penyelenggaraan kontes di antara komunitas penggemar burung, misalnya,  sangat membanggakan pemilik burung tersebut. Setiap undangan untuk anggota komunitas dengan diberi tema tertentu akan selalu disambut baik.

Kedelapan,The Barn Raising sebagai suatu cara efektif untuk melaksanakan suatu tugas pada waktu kumpul-kumpul. Inilah istilah orang Barat untuk gotong royong..

Kesembilan, The Summer Camp. Artinya, kegiatan rutin yang diadakan berkala seperti Musim Panas itu sendiri di Barat.
Newer Post Older Post Home

0 comments: