Ada Sebuah Permohonan dari Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales.

By | 20:15 Leave a Comment

Surat Terbuka Dari Wikipedia
Halo, para pembaca Wikipedia. Kami adalah organisasi nirlaba kecil yang mengoperasikan situs terpopuler #5 di dunia. kami hanya memiliki 175 karyawan dan melayani 500 juta pengguna. Seperti situs-situs top lain, merawat server, listrik, sewa, program, dan staff yang juga membutuhkan biaya. Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman baca untuk umum. Wikipedia seperti ruang suci bagi pikiran. Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir dan belajar. Untuk melindungi kebebasan kami, kami tidak akan menayangkan iklan. Kami tidak memanfaatkan dana pemerintah. Kami beroperasi dengan sumbangan yang rata-rata Rp. 300.000. Jika semua orang yang membaca ini menyumbangkan uang yang setara dengan harga sebuah buku ensiklopedia teba, penggalangan dana akan selesai dalam sejam. Jika anda merasa Wikipedia begitu bermanfaat, bantulah kami agar bisa terus beroperasi satu tahun lagi. Bantu kami melupakan penggalangan dana dan terus memperbarui Wikipedia, terima kasih.
Dahulu saya pernah menulis dalam blog ini tentang dari mana asalnya pendapatan wikipedia. Karena dalam halaman wikipedia tidak terdapat iklan. Sedangkan artikel atau penjelasan mengenai berbagai macam hal sangat banyak sekali, mungkin melebihi buku pintar yang tercetak.

Dalam tulisan saya sebelumnya memang sudah memeberitahukan mengenai dari mana Wikipedia memperoleh penghasilan. Wiki memperoleh penghasilan dari sumbangan yang diberikan oleh para wikipedian, orang yang dengan sukarela memberikan sumbangan untuk perkembangan dan kelangsungan hidup Wikipedia.

Untuk mendukung terus datangnya sumbangan, Jimmy Wales terkadang memebrikan pengumuman sekaligus permohonan kepada pengunjung untuk ikut turut menyumbang. Berikut ini adalah salah satu pengumumannya:

Sebuah permohonan dari pendiri Wikipedia Jimmy Wales.
Wikipedia adalah situs web terpopuler no. 5 di dunia dan melayani 450 juta orang yang berbeda dan miliaran kunjungan setiap bulannya.
Iklan itu bagus. Iklan itu tidak buruk. Sayang, tempatnya bukan di sini. Bukan di Wikipedia.

Wikipedia adalah sesuatu yang istimewa. Wikipedia itu seperti perpustakaan atau taman. Wikipedia itu seperti pusatnya pikiran. Inilah tempat kita semua bisa berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan kita dengan orang lain.

Ketika saya mendirikan Wikipedia, saya bisa saja menjadikannya perusahaan pencari laba dengan iklan di sana-sini, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami bekerja keras selama bertahun-tahun agar Wikipedia tetap ada. Kami memenuhi misi yang ditetapkan, dan meninggalkan sisanya kepada orang lain.

Jika semua orang yang membaca ini menyumbang Rp50,000, kami hanya perlu menggalang dana satu hari saja setiap tahun. Tetapi tidak semua dapat atau mau menyumbang. Dan itu tidak masalah. Setiap tahun ada saja orang yang menyumbang.

Tahun ini, kami berharap Anda menyumbangkan Rp50,000, Rp75,000, Rp100,000 atau berapa pun yang Anda mau untuk melindungi dan menjaga Wikipedia.

Terima kasih,

Jimmy Wales
Pendiri Wikipedia

Bagi yang ingin menyumbangkan sedikit dananya untuk perkembangan dan kelangsungan hidup Wikipedia, silahkan kunjungi link berikut: Donasi Wikimedia Foundation

Newer Post Older Post Home

0 comments: