Oh Virus Shortcut Kita Bertemu Kembali

By | 11:23 Leave a Comment
"Mas ini kok Hp-nya jadi begini, filenya yang di memori jadi aneh"?" Begitu kata Office Boy di kantor

Cek punya cek. File yang ada dalam handphonnya banyak yang telah berubah menjadi ekstension .ink, semuanya sudah terlihat sebagai shortcut bila ditampilkan di dalam komputer.

Awalnya mau langsung ta'Format, tetapi katanya
"jangan dihapus semuanya mas, udah banyak lagu dangdut legendaris yang dikumpulin"

Yasudah, sambil Back up filenya yang ada di Hp, saya coba cari solusi untuk menghilangkan virus shortcut ini tanpa menghapus file. Sambil menerawang ke belakang, dulu waktu kena virus model beginian jaman tahun berapa, kayanya sih waktu pertama kali punya komputer di rumah.

Balik ke topik, akhirnya ketemu caranya, sudah pating blewer di internet, berikut ini adalah cara menghilangkan virus shortcut yang ada di memori tanpa harus memformat atau menghapus file yang ada:

Pertama saya cek kapasitas memori HP tersebut, isinya memang telah berubah drastis menjadi sangat kecil. Menurut para suhu, file yang ada di memori tersebut dihidden oleh virus win32.VB.pod, untuk mengatasinya lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Masuk ke Command Prompt dengan cara Klik Start lalu pilih run kemudian dalam kotak run agan isi dengan CMD
2. Kalau Command Prompt sudah terbuka selanjutnya ketikkan drive flashdisk agan diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk agan E maka ketikkan E: lalu tekan enter.
3. Kini kita berada di dalam drive flashdisk yang terkena virus, kemudian ketikkan dir lalu tekan enter kemudian lihat hasilnya, itu semua file yang ada di dalam memori tersebut.
4. Selanjutnya, untuk membasmi virus tersebut ketikkan:
attrib –s –h –r /s /d (Ketikkan persis seperti disamping jangan lupa spasinya juga) tunggu beberapa detik/menit setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt agan misalnya E:> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai.
5. Berdoa dan kemudian cek memori tersebut. Setelah saya cek memang shortcut sudah hilang dan muncul semua file seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat.

Newer Post Older Post Home

0 comments: