Tips memanfaatkan facebook sebagai alat marketing

By | 06:59 1 comment
EkoBrain Raja Planktonz
Bagi perusahaan-perusahaan yang sudah besar, facebook mungkin tidak diutamakan untuk menjual barang untuk mengejar omset. Namun melalui fan page/group di facebook, mereka melakukan aktivitas yang biasa di kenal dengan aktivitas CRM(customer relationship management). Jadi perusahan-perusahaan besar tersebut dapat memperoleh, mengelola, mengoptimalisasikan database pelanggan mereka yang mereka dapatkan dengan cara relatif murah, dari pada mereka harus membuat stand penjualan atau stand promosi yang mengharuskan pengunjung yang datang mengisi data pribadi. melalui facebook perusahaan-perusahaan besar memperoleh data pribadi pelanggan secara cuma-cuma, dan menurut hemat saya hampir 70% data pribadi yang ada di facebook benar.

Lalu sekarang bagaimana memanfaatkan facebook untuk berjualan/memasarkan barang, terutama untuk pengusaha kecil maupun individual, berikut sedikit tips dan trik memasarkan barang melalui facebook:

Facebook bisa dijadikan sumber traffic, alat pemasaran, alat penjualan mengapa ?
1. Facebook itu gratis. Jadi jika kita tidak punya modal untuk membuat website atau menyewa autoresponder, Anda bisa memulai bisnis dengan menggunakan facebook.
2. Facebook itu viral. Salah sifat yang saya sukai dari Facebook ialah memungkinkan kita menyebarkan pesan secara viral. Memang ada strategi tertentu agar viralnya efektif dan tidak SPAM
3. Facebook itu berkembang pesat. Pengguna Facebook berkembang dengan pesat, bukan hanya di dunia, tetapi juga di Indonesia. Konon, bisa mengalahkan google dan yahoo. Peggunanya mencapai 20 juta di Indonesia dan 500 juta akun di seluruh dunia
4. Facebook memiliki fitur yang lengkap. Ada group, halaman, event, RSS, dan aplikasi yang sangat banyak jumlahnya. Semuanya memudahkan kita dalam berbisnis.

Baiklan kita mulai saja bagaimana cara mengoptimalkan facebook untuk marketing.
1. Milikilah teman yang banyak di Facebook, Semakin banyak teman berarti kita memiliki banyak calon "pembeli".
Jadi Langkah 1 : Perbanyaklah teman-teman di facebook, bila sudah mencapai 5000, buat akun baru lagi.

2. Buatlah grup di Facebook
Memiliki grup di Facebook sama seperti membangun list building, karena kita bisa mengirim pesan ke all members, dan pesan itu akan masuk ke inbox facebook dan hebatnya lagi pesan itu masuk juga ke inbox email dari member grup. Saya sendiri mengelola belasan grup dengan dengan member grup rata-rata 4.000 orang per grup, artinya saya bisa mengirim pesan ke lebih dari 50 ribu orang dengan mudah, dan pesan itu bukan SPAM karena mereka dengan sukarela bergabung ke dalam grup yang saya kelola. Bandingkan dengan bila saya menyewa autoresponder seperti Aweber untuk mengelola 50 ribu member, berapa duit harus keluar tiap bulan? Dengan Facebook semua menjadi gratis.
Jadi Langkah Kedua : Membuat Grup dan mengajak semua teman untuk bergabung ke dalam grup supaya member mencapai ribuan orang. NB : untuk bisa kirim pesan ke seluruh member, jumlah grup dibatasi 5000 orang.

3. Buatlah Fanspage.
Berbeda dengan Grup, jumlah Fans/Penggemar/Like tidak dibatasi, coba kita searching tentang Mario Teguh misalnya, di Facebook Mario Teguh memiliki lebih dari 2 juta penggemar. Bila update status, maka tulisan update tersebut akan muncul juga ke 2 juta beranda penggemarnya, dan bila ada yang mengomentari atau klik LIKE maka viralnya akan makin luas masuk ke beranda orang yang belum menjadi penggemar, ini sebuah viral sistem yang tidak dimiliki social networking lainnya.
Saya Sendiri telah membuat belasan Fanspage dengan Fans lebih dari 170 ribu orang
Jadi Langkah Ketiga : Buatlah Fanspage, kemudian suggest ke semua teman untuk bergabung menjadi penggemar/LIKE.

Jadi perusahaan besar, perusahaan kecil, maupun individu dapat melakukan aktivitas pemasaran baik itu menjual barang maupun menjual diri(personal branding) melalui facebook, karena facebook merupakan salah satu open source, maka biayanya amat mendekati gratisss..

Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. BEtul sekali facebook harus kita manfaatkan untuk memasarkan produk kita,anggap saja juga sebagai jasa Iklan gratis...Good post bro..

    ReplyDelete