Penelitian Pemasaran (Marketing Research)

By | 05:27 1 comment

Penelitian Pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan kau dengan si dia melalui sebuah informasi..”KamsoeD Loh. ? ? ?”. The American Marketing Association mendefinisikan penelitian pemasaran sebagai fungsi yang menghubungkan suatu organisasi dengan pasarnya melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang-peluang dan masalah pemasaran; menghimpun, menyempurnakan, dan mengevaluasi kegiatan-krgiatan pemasaran dan meningkatkan pemahaman terhadap pemasaran sebagai sebuah proses.

Penelitian dalam pemasaran dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu:
1. Penelitian dasar (Basic or pure research)
2. Penelitian terapan (Applied Research)
Biasalah kalau yang penelitian dasar tuh biasanya buat nguji teori dan memperluas batasan-batasan pengetahuan. Ya kalo misalkan kata teorinya “wanita bisa mengejar-ngejar kamu jika kamu ludahi”. Nah setelah diuji ternyata benar adanya ketika kamu meludahi wanita, si wanita mengejar-ngejar kamu seraya membawa golok dan berkata”Gw bacok empat kali lipat lho, Jangan lariii..!!”

Kalau penelitian terapan contohnya gini missal ente punya restoran di Ciputat and strategi promosi yang cocok disana itu dengan menggratiskan kalo makanan lima menit gak dianter.

Setelah sukses disana, sekarang ente mau buka di daerah lain yang rame n udah pasti banyak banget pelanggannya. Sebelum buka usaha di tempat lain tersebut tentunya anda ingin mengetahui pangsa pasarnya terlebih dahulu, oleh karena itu disini anda membutuhkan riset terlebih dahulu, agar nanti anda dapat mengambil keputusan yang tepat dari mulai produk, dekorasi, harga, dan strategi promosinya.

Pokoknya butuh banget penelitian deh untuk masuik ke dalam sesuatu yang baru. Kalau anda main masuk saja kedalam sebuah pasar yang sudah sangat ekstrim persaingannya tanpa ristet atau minimal pengamatan sederhana secara langsung, itu menandakan kalau anda itu nekat, sembrono, atau biasa gambling. :D
Newer Post Older Post Home

1 comment:

  1. Setuju & Artikel di atas sangat menarik. Hal ini sejalan dengan sedemikian banyak penelitian kami (yang sebagian besar sudah diPUBLIKASIkan pada beberapa Jurnal Ilmiah)...dapat dilihat (click) di... http://www.slideshare.net/KenKanaidi/publikasi-ilmiah-peneliti-marketing-yang-berdedikasi-kanaidi-se-msi

    ReplyDelete