Definisi dan Urgensi Pemasaran

By | 00:10 Leave a Comment
Bukan untuk menemukan pelanggan yang tepat bagi produk anda, tapi menemukan produk yang tepat bagi pelanggan anda".

Salah satu dari definisi pemasaran yang terpendek adalah “Memnuhi kebutuhan secara menguntungkan”. Ama (American Marketing assosiation) memberikan definisi yang lebih sedikit formal mengenai pemasaran sebagai berikut :

Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan bagi organisasi dan pemegang sahamnya. Menurut buku manajemen pemasarannya Philip kotler dan Kevin lane keller mereka memandang manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Definisi Pemasaran juga dapat dilihat dari dua sisi, dari sisi lain dan dari sisi manajerial. Definisi diatas dapat diakatan definisi untuk manajerial atau definisi komersil, untuk definisi pemasaran dari pandangan sosisal adalah sebagai berikut:

Pemasaran suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas, mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.

Pentingnya Pemasaran Dalam Perkembangan Usaha Saat Ini

Operasi keuangan, akunting dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak akan terjadi apabila tidak ada permintaan atas produk dan jasa, sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba.

Saat ini sudah banayak perusahaan di Indonesia yang menyadari hal ini dan sudah mulai menciptakan posisi kepala pemasaran (Chief Marketing Officer atau CMO). Artinya sudah ada posisi pemasaran yang setara dengan level kepalaseperti eksekutif kepala (Chief Executive Officer -CEO), kepala keuangan (Chief Financial Officer-CFO).

Sebagai catatan penutup dalam artikel ini, saya menyajikan sedikit infirmasi dari buku manajemen pemasaran Philip kotler, tentang apa saja barang yang dipasarkan? Ada 10 entitas yang dapat dipasarkan pada zaman ini. Antara lain : barang, jasa, pengayaan pengalaman, acara khusus (event), orang, tempat, kepemilikan bisa termasuk property, organisasi, informasi, dan gagasan.
Newer Post Older Post Home

0 comments: