Iklan Komersil Dan Iklan politik Garapan Gene Case

By | 01:13 Leave a Comment

Iklan Politik dan iklan komersil dapat dipelajari dari bapak yang dijuluki sebagai tokoh revolusi iklan pada tahun 1960-an. Gene Case mengubah iklan menjadi Aset politik hebat di Amerika serikat. Beberapa iklan terkenal yang pernah digarapnya, antara lain : iklan “Think Small” Volkswagen. Iklan anti-nuklir Presiden Lyndon B. Johnsondi AS hingga agen iklan Jordan Case & McGrath yang memutar tagihan dana sebesar 500 juta dollar AS tahun 1990an.

Selain iklan komersih bapak yang satu ini menggarap beberapa iklan politisi besar, antara lain : Nelson A. Rockefeller untuk ketiga kalinya menduduki kirsi gubernur New York, AS tahun 1960, Lyndon B. Johnson menjadi presiden AS pada tahun 1964, dan yang paling terakhir Barrack Obama dengan menggunakan kekuatan social media menghantarkannya menjadi presiden,

Bapak revolusi periklanan ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 9 September 2010 pada usia 72 tahun karena serangan jantung di Manhattan, AS. Case pernah mengatakan, untuk memasuki iklan politik sesorang mesti memiliki visi, misi dan ideology yang jelas. Misalnya, ideology Gene Case adalah kebebasan yang tertanam sejak masa kecilnya.

Iklan komersilnya dimulai dengan mendirikan JMC&P dengan berbagai macam iklan kemanusiaan juga yang digarapnya bersama Avenging Angels, yang merupakan agensi iklan nirlaba yang berhubungan dengan aktivis organisasi lingkungan hiduo, anti perang, anti senjata nuklirm hingga jaringan sosial keagamaan.

Hingga saat ini Advocacy ads (iklan politik) menjadi tren dari sejumlah pihak, dan menggunakannya sebagai teknik baru pemasaran produk dan jasa serta membentuk opini public. Namun, Gene Case tetap berkata, “I’v never been at this for 42 years and I’ve never been so productive, so happy- and so poor.”

Foto : NYtimes.com
Newer Post Older Post Home

0 comments: